Pelayanan
PELAYANAN PRIMA
PENGERTIAN PENAMPILAN SERASI
Penampilan (appearance) merupakan bentuk citra diri seseorang yang dapat dilihat dari penampilan secara keseluruhan.Penampilan serasi biasanya berhubungan dengan keselarasan atau harmoni antara sosok diri dengan keharusan atau kebiasaan atau kepatutan dalam berbusana atau berhias.Penampilan serasi adalah gaya penampilan seseorang yang ditonjolkan secara fisik dengan memadukan keadaan sosok diri, cita rasa diri, mode, dan kepantasan atau kepatutan.
Keserasian Berbusana
Keserasian berbusana adalah sesuai dengan banyak hal, misalnya usia, bentuk tubuh, waktu, situasi dan kondisi, status pekerjaan, perkembangan mode, dan warna kulit.
Terdapat beberapa hal yang mendasari tata busana, antara lain sebagai berikut :
- Usia
- Bentuk tubuh
- Warna kulit
- Waktu
- Cuaca
- Jenis pertemuan
Di bawah ini adalah hal-hal yang dapat dijadikan pedoman dalam pemakaian aksesori atau barang pelengkap :
1) Jangan mengkombinasikan terlalu banyak macam aksesori.
2) Jangan memakai aksesori yang berkilauan pada siang hari.
3) Jangan memakai helang kaki.
4) Jangan memakai perhiasan yang tidak sesuai dengan tipe dan warna busana.
5) Jangan memakai perhiasan secara berlebihan.
6) Jangan memakai perhiasan yang tidak sesuai dengan ukuran badan kita.
PESAN NON-VERBAL VISUAL
- Pesan kinetik
Pesan kinetik adalah pesan yang disampaikan menggunakan gerakan tubuh.Pesan ini terdiri dari 3 komponen utama, yaitu pesan fasial, pesan gestural, dan pesan postural.
1) Pesan fasial
Pesan fasial adalah suatu jenis pesan yang menggunakan air muka untuk menyampaikan makna tertentu.
2) Pesan gestural
Pesan gestural adalah suatu jenis pesan yang menunjukkan gerakan sebagian anggota badan, seperti mata dan tangan untuk mengkomunikasikan berbagai makna.
3) Pesan postural
Pesan postural adalah suatu jenis pesan yang berkenaan dengan keseluruhan anggota badan.
Mehrabian menyebutkan 3 makna yang dapat disampaikan postur, yaitu :
a) Immediacy
b) Power
c) Responsiveness
- Pesan proksemik
Pesan proksemik adalah pesan yang disampaikan melalui pengaturan jarak dan ruang.
- Artifaktual
Artifaktual adalah pesan yang disampaikan melalui penampilan tubuh, busana, dan kosmetik.Pakaian dapat digunakan untuk menyampaikan :
1) Perasaan
2) Status dan peranan
3) Formalitas
PRINSIP-PRINSIP BEKERJA DALAM TIM
Agar suatu organisasi berjalan dengan baik perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
- Dasar kepemimpinan yang kuat
- Perumusan tujuan yang jelas
- Departementasi
- Pembagian kerja
- Pendelegasian kekuasaan
- Kesatuan komando
- Koordinasi
- Rentangan kontrol (span of control)
- Jenjang organisasi
- Fleksibilitas
- Berkelangsungan
- Keseimbangan
Menurut Koonz O’Donnel dalam bukunya Principles of Management, terdapat beberapa dasar yang dapat dipakai dalam suatu departementasi, yaitu :
Ø Departementasi berdasarkan fungsi
Ø Departementasi berdasarkan wilayah
Ø Departementasi berdasarkan produksi
Ø Departementasi berdasarkan langganan
Ø Departementasi berdasarkan rangkaian kerja
KOMPONEN-KOMPONEN INTERPERSONAL RELATIONSHIP :
1) Komunikator
Komunikator (communicator) disebut juga sumber (source), pengirim pesan (sender), encoder, atau pembicara (speaker). Jadi, komunikator adalah pihak yang mengirimkan pesan dalam sebuah hubungan antarpribadi.
2) Komunikan
Komunikan (communicant) disebut juga audience (audience), penerima pesan (receiver), khalayak, atau decoder.Komunikan adalah pihak penerima pesan yang akan menginterprestasikan simbol-simbol yang ada.
3)Pesan
Pesan (message) adalah suatu, pikiran maupun perasaan yang akan disampaikan oleh komunikator kepada komunikan.
4) Saluran
Saluran disebut juga media (channel), yaitu medium yang digunakan untuk menyampaikan pesan.Dengan kata lain, saluran adalah alat yang digunakan untuk mengantarkan pesan antara komunikator (sumber atau pengirim) dan komunikan (penerima).
5) Efek
Efek adalah hasil akhir dari suatu proses hubungan antarpribadi.Efek berupa sikap dan tingkah laku komunikan apakah sesuai atau tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh komunikator.
6) Umpan Balik
Umpan balik disebut feed back, yaitu respons atau tanggapan yang diberikan oleh komunikan kepada komunikator.
Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi dengan orang lain, yaitu :
- Jangan mendominasi pembicaraan;
- Buatlah orang lain bersikap santai;
- Bertanyalah;
- Hilangkan gangguan komunikasi;
- Bersabarlah;
- Bertimbangrasalah;
- Jangan berkomunikasi selagi marah;
- Jangan berdebat dan mengecam;
- Usahakan mendapatkan tanggapan dari pendengar Anda;
- Mintalah pendapat pendengar bila tampak ada perbedaan.
Kerja sama tim itu penting bagi keberhasilan call center. Para karyawan yang berfokus pada tim seharusnya bersikap :
Ø Bekerja sama untuk menyelesaikan masalah;
Ø Membagikan informasi;
Ø Mendukung rekan kerja;
Ø Membantu petugas call center baru.
Comments