Kamus IT Terakhir

Advanced Dynamic Execution
Bagian dari mikro arsitektur prosesor Pentium® 4 processor`s Intel® NetBurst™ yang meningkatkan akselerasi alur kerja algoritma prosesor. Hal ini memungkinkan prosesor tersebut menampilkan 126 instruksi sambil bekerja dan menangani 48 load serta melakukan 24 aktivitas penyimpanan dalam satu waktu.

Advanced Encryption Standard
Standar enkripsi Amerika Serikat yang menggantikan standar DES yang lebih lama dan lebih lemah.

Advanced Gateway Server
Perangkat bridge atau router produksi Cisco yang mempunyai sembilan slot.

Advanced Graphics Port
Disingkat dengan AGP. Istilah lain dari Accelerated Graphics Port.

Advanced Micro Devices
Biasanya disingkat. AMD ini sebenarnya merupakan nama perusahaan yaitu Advanced Micro Devices, Inc. yang bergerak dalam bidang pembuatan bermacam-macam integrated circuit (IC), yang didirikan pada tahun 1969. Pada tahun 1995, perusahaan ini termasuk perusahaan lima besar pembuat IC di dunia.
Mereka memfokuskan diri dalam pembuatan IC untuk proses perhitungan pada personal computer(PC), network, dan pasar komunikasi. Produk yang dihasilkan diantaranya microprocessor, embedded processor, serta perangkat lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut: memory, programmable logic device, circuit untuk aplikasi telekomunikasi dan network.
Pada sekitar tahun 1995, AMD telah memiliki sebanyak 12000 pekerja dan tenaga ahli untuk menjalankan perusahaan ini yang bertempat di Amerika, Austin, Texas, Aisu Wakamatsu- Jepang, Bangkok, Thailand, Penang, Malaysia dan Singapura.
AMD termasuk salah satu pesaing berat dari Intel Corp.

Advanced Mobile Phone System
Disingkat dengan AMPS. Salah satu standar telepon selular. AMPS ini cukup dominan digunakan di Amerika dan Jepang.

Advanced Peer to peer Internetworking
Sebuah arsitektur IP standar terbuka untuk jaringan peer to peer SNA.

Advanced Research Projects Agency Network
Disingkat dengan ARPANet. Sebuah jaringan antar komputer yang menjadi cikal bakalnya Internet. Pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat Amerika Serikat telah membiayai pembangunan teknologi ini semenjak tahun 1968. Direkayasa sebagai antisipasi jika sebuah komputer dalam jaringan tersebut rusak, sehingga tidak mengganggu proses pada unit komputer lain. Kemudian teknologi ARPANet dikembangkan ke perguruan tinggi untuk penelitian dan penyelidikan, kemudian tidak berapa lama selepas itulah internet mulai berkembang.
Proyek ARPANet ini sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.
Langkah besar di UCLA yang terjadi dua bulan berselang setelah Neil Amstrong melangkah di bulan ini mengkoneksikan empat site, yaitu UCLA sendiri, Stanford Research Institute (SRI), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Pada tahun 1977, terdapat lebih seratus mainframe dan komputer mini yang terkoneksi ke ARPANET yang sebagian besar masih berada di Universitas.
Dengan adanya fasilitas ini, memungkinkan dosen-dosen dan mahasiswa dapat saling berbagi informasi satu dengan lainnya tanpa perlu meninggalkan komputer mereka.
Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara eksponensial, yang ukurannya kira-kira berlipat-ganda setiap tahunnya. Istilah Internet pada mulanya diciptakan oleh para pengembangnya karena mereka memerlukan kata yang dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu. Internet merupakan kumpulan orang dan komputer di dunia yang seluruhnya terhubung oleh bermil-mil kabel dan saluran telepon, masing-masing pihak juga dapat berkomunikasi karena menggunakan bahasa yang umum dipakai.

Advanced SCSI Programming Interface
Disingkat dengan ASPI. Merupakan standar spesifikasi interface saat ini yang dikembangkan oleh Adaptec untuk mengirimkan perintah ke SCSI adapter.

Advanced Technology Attachment
Disingkat dengan ATA. Teknologi antara muka (interface) kecepatan harddisk yang memiliki pemindahan data sehingga 66 atau 100 megabit per second (Mbps).
ATA merupakan Interface standar untuk harddisk dan menggunakan kabel konektor 40-pin dan memiliki kemampuan untuk pemindahan data sehingga 66 atau 100 megabit per second (Mbps). juga dikenal sebagai IDE (Integrated Drive Electronics). ATA Adalah desain interface harddisk dengan controller yang terintegrasi didalamnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan Ultra ATA dengan menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik harddisk untuk keperluan plug and play dan meningkatnya kecepatan akses.
ADVAST
Istilah lain dari Advanced Station.

Advertiser
Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang memberikan komisi.

Advertising
Proses pada router dimana update untuk layanan dikirimkan dalam interval waktu tertentu sehingga router lain dalam jaringan tetap dapat memiliki daftar beberapa jalur komunikasi yang bisa digunakan.

AE
Singkatan dari Arithmetic Element.
________________________________________
Singkatan dari Audit Entry.
________________________________________
Top level domain (TLD) dari negara United Arab Emirates.

AEGIS
Singkatan dari Agricultural, Ecological and Geographical Information System.
________________________________________
Singkatan dari Administration Engineering Information Management System.

AF
Singkatan dari Advanced Function.
________________________________________
Singkatan dari Arithmetic Flag.
________________________________________
Top level domain (TLD) dari negara Afghanistan.

Affiliate Site
Situs diinternet yang saling berafiliasi atau bergabung atau bercabang.

Affinity
Persyaratan yang diperlukan untuk suatu trafic engineering tunnel MPLS pada atribut dari koneksi yang akan dilewatinya. bit-bit afinity pada tunnel dan mask bit afinity dari tunnel harus sesuai dengan bit atribut dari berbagai koneksi yang membawa tunnel tersebut.

AG
Singkatan dari Address Generator.
________________________________________
Top level domain (TLD) dari negara Antigua and Barbuda.

Agent
Alat perantara, pengantar. Dalam komputer jaringan, Suatu sistem yang berlaku menurut sistem atau individu lain.

Aggregate bandwidth
Jumlah keseluruhan bandwidth dari suatu kanal yang membawa aliran bit yang telah multikompleks.

Aggregated Bandwidth
Jumlah keseluruhan bandwidth dari satu kanal yang membawa aliran bit yang telah dimultipleks.

Aggregation
Suatu teknik komposisi untuk mengimplementasikan objek dari suatu komponen, melalui objek baru yang dapat dibangun dengan satu atau beberapa yang sudah ada, yang mendukung pengolahan suatu interface.

Aggressive Mode
Modus konektivitas yang menghilangkan beberapa langkah pada saat negoisasi autentifikasi IKE diantara banyak komputer dalam jaringan IPSec.

Agrakom
Perusahaan yang bergerak dalam penyediaan jasa layanan yang berhubungan dengan pembangunan dan pengelolaan informasi melalui internet. Salah satu layanan mereka adalah penyediaan breaking news yang dikenal dengan nama DetikCom dan beralamat di http://www.detik.com/

AGRICOLAv
Istilah lain dari Agricultural On-line Access.

AGRIS
International Information System for Agricultural Sciences and Technology

AI
Singkatan dari Artificial Intelligence. Kecerdasan buatan.
________________________________________
Top level domain (TLD) dari negara Anguilla.

AIL
Singkatan dari Array Interconnection Logic, hubungan antar array secara logic.
________________________________________
Singkatan dari Arithmetic Input Left.

Air time
Cara penulisan lain dari airtime.

Air-time
Cara penulisan lain dari airtime.

Airtime
waktu percakapan yang terjadi terhadap setiap telepon genggam, baik pada saat menerima panggilan ataupun membuat panggilan.
Biaya air-time biasanya dihitung berdasarkan lamanya telepon genggam tersambung. Umumnya biaya ini dibebankan kepada pembuat panggilan. Biaya ini tidak termasuk biaya pulsa dan biaya lainnya.

AIS
Singkatan dari Accounting Information System. Sistem informasi akuntansi.

AIX
Sistem operasi Unix yang dikeluarkan oleh IBM.

Akses
~Melacak data yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

~ Mengakses, jalan masuk. Suatu usaha untuk membuka suatu saluran komunikasi dengan perangkat hardware atau
software tertentu, seperti modem yang digunakan untuk membuka akses internet. Perangkat hardware atau software tersebut selain untuk memberikan data juga digunakan untuk menerima data untuk disimpan.

AL
Singkatan dari Assembler language.
________________________________________
Istilah lain dari ANSI Label.
________________________________________
Top level domain (TLD) dari negara Albania.

Al-Khowarizmi
Matematikawan yang menjadi sumber inspirasi dari Algoritma, nama lengkapnya adalah Mohammed ibn-Musa Al-Khowarizmi, yang hidup pada tahun 780-850.

Alan Mathison Turing
Beliau dilahirkan di Paddington, Inggris, pada tanggal 23 Juni 1912. Selain ahli matematik, Turing juga suka lari jarak jauh (maraton), dan rowing.
Turing memulai karirnya di jurusan Matematik di King`s College, Cambridge. Setelah lulus di bulan Juni 1934, Turing menjadi mahasiswa (research student) di jurusan matematik. Antara tahun 1936 sampai dengan tahun 1937 Turing pergi ke Princeton University di Amerika Serikat, dimana dia bertemu dengan pakar matematik lainnya seperti J. v. Neumann, and Einstein. Di bulan Oktober 1936 dia menjadi research student di Institute for Advanced Study di Princeton.
Pada masa inilah Turing menuliskan salah satu makalahnya yang cukup terkenal, {On Computable Numbers, with an Application to Entscheidungsproblem,} yang diterbitkan di Proceedings of the London Mathematical Society. Inti dari makalah ini adalah sanggahan atas tulisan David Hilbert (seorang pakar matematika dari Jerman) yang menyatakan bahwa semua masalah matematika memiliki solusi (dapat dipecahkan).
Alan Turing terlibat dalam proyek ULTRA, dimana salah satu tugasnya adalah untuk membuat Colossus, komputer elektronik pertama yang beroperasi. Colossus mulai beroperasi di bulan Desember 1943, dua tahun sebelum ENIAC.
Tahun 1950, Turing membuat sebuah makalah klasik, {Computing Machinery and Intelligence}, yang diterbitkan di journal Mind. Jika seseorang tidak dapat membedakan antara komputer dan manusia berdasarkan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang sama, maka komputer tersebut dapat dikatakan {thinking}.
Turing meninggal, bunuh diri, pada tanggal 7 Juni 1954.
Untuk mengenang jasa-jasa Turing, dibuatkan Turing award yang setiap tahunnya diberikan kepada orang yang memberikan jasa besar di dunia computer science.

Alarm
Bunyi peringatan atau pemberitahuan.
________________________________________
Dalam istilah jaringan merupakan,pesan berisi pemberitahuan bahwa telah terjadi penurunan atau kegagalan pada sinyal komunikasi data, atau ada peralatan yang mengalami kerusakan. Pesan SNMP ini digunakan untuk memperingati operator atau administrator tentang adanya masalah pada jaringan.

Alarm Cutoff
Pemadaman dari suatu alarm yang sedang berbunyi di berbagai tempat yang terdapat sistem alarmnya.
Alat komunikasi
Dalam bahasa Inggris disebut dengan telecommunication kit.

Alert
sinyal, tanda. Biasanya terjadi pemunculan informasi atau bunyi yang memberikan tanda terhadap sesuatu. Misalnya pada saat batrai notebook tinggal sedikit, atau adanya peringatan, dlsb.

Alert box
Merupakan kotak pesan peringatan yang muncul pada layar monitor ketika suatu informasi diberikan kepada user. Peringatan tersebut memberi tahu kita tentang informasi tersebut. Biasanya pesan tersebut ada tindak lanjutnya atau hanya sekedar dimunculkan saja.
Misalnya pesan yang menyampaikan bahwa sedang terjadi suatu permasalahan pada komputer anda, komputer biasanya memberikan alternatif tindakan kepada user tersebut, dan user tinggal memilih dari alternatif yang tersedia.

Algebra
Aljabar.

Algebraic
Sistem operasi yang dikeluarkan oleh MIT.

ALGOL
Algorithmic Language. Bahasa pemrograman yang ditulis dalam notasi Algoritma dan dirancang oleh ANSI, biasanya digunakan untuk penelitian ilmiah.

Algorithm
Algoritma. Rancangan program untuk komputer yang dilaksanakan sebelum program tersebut diolah melalui bahasa pemrograman. Rancangan ini memiliki prosedur yang terstruktur dan mengandung olahan matematika dan logika, terdiri dari rangkaian perintah dan langkah tata cara yang disusun secara teratur.
Algoritma ini diinspirasikan dari hasil pemikiran seorang matematikawan yang bernama Mohammed ibn-Musa Al-Khowarizmi, yang hidup pada tahun 780-850.
Alur logika berpikir manusia yang dituangkan dalam skema tertentu yang selanjutnya dapat diimplementasikan sebagai beberapa perintah dalam suatu bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.
Algoritma
Dalam bahasa inggris atau bahasa internasional istilah ini dikenal dengan algorithm.
Algoritma. Rancangan program untuk komputer yang dilaksanakan sebelum program tersebut diolah melalui bahasa pemrograman. Rancangan ini memiliki prosedur yang terstruktur dan mengandung olahan matematika dan logika, terdiri dari rangkaian perintah dan langkah tata cara yang disusun secara teratur.
Algoritma ini diinspirasikan dari hasil pemikiran seorang matematikawan yang bernama Mohammed ibn-Musa Al-Khowarizmi, yang hidup pada tahun 780-850.
Alur logika berpikir manusia yang dituangkan dalam skema tertentu yang selanjutnya dapat diimplementasikan sebagai beberapa perintah dalam suatu bahasa pemrograman untuk menghasilkan sebuah software.

Alias
Gelar, nama lain, alias. Misalnya suatu nama yang memetakan suatu alamat ke sebuah alamat fisik. Atau juga digunakan untuk singkatan nama untuk mewakilkan satu nama yang panjang dan rumit, biasanya untuk mail address atau nama host domain.

Aliasing
Gangguan tampilan grafis pada layar monitor yang mengakibatkan pada pada bagian pinggir grafis cenderung tidak lurus dan bergerigi.
Suatu efek (Aliasing) yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow change. Bila aliasing muncul akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.

ALICE
ADA Language Integrated Computer Environment. Suatu bahasa yang dikembangkan dalam proyek pembuatan robot dengan sistem kecerdasan buatan.
________________________________________
Singkatan dari Application Language Interface Conversion and Extension.

Align
Rata, meratakan. justify: rata kiri dan kanan. Left: Rata kiri. Right: Rata kanan. Center : Tengah.

Alignment
Meratakan.
________________________________________
Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.

Alignment Error Rate Monitor
Fungsi SS7 MTP 2 yang menyediakan fasilitas pengawasan terhadap adanya kesalahan pada pelurusan koneksi.

All
Semua.

ALLOC
Allocation. Alokasi, penempatan suatu objek.

Allocate
Instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit lainnya di bawah kontrol program komputer.
________________________________________
Mengalokasikan, alokir, mendermakan.

Allowed Cell Rate
Sebuah parameter yang didefinisikan oleh ATM Forum manajemen jalur ATM. ACR bervariasi di antara MCR dan PCR, dan dikendalikan secara dinamis dengan menggunakan mekanisme kendali kemacetan.

ALLTAX
A COBOL Program for Tax Calculations.

ALOHA
A Hawaii Network. Protokol komunikasi untuk satelit dan radio transmisi lokal. Teknik pengawasan akses tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman data akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapat tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.

ALP
Singkatan dari Arithmetic Logic Processor.
________________________________________
Assembly Language Programming. Bahasa pemrograman Assembly, yang merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah.

Alpha
Dalam dunia pembuatan software, alpha adalah tahap pertama kali pembuatan sebuah software. Software yang berstatus alpha masih dalam tahap pembuatan dan biasanya masih banyak fungsi-fungsi yang belum lengkap, serta belum layak digunakan oleh pengguna biasa.

Alif, Alfa,
permulaan.

Alpha Test
Istilah yang sering diberikan kepada versi terawal sesuatu produk perangkat keras maupun lunak yang akan dikeluarkan. Ini juga menandakan produk itu masih belum stabil dan mungkin masih memiliki beberapa kekurangan dari segi ciri-cirinya. Selepas beberapa siri pengujian dilakukan dan beberapa penilaian semula dibuat, produk tersebut kemudiannya akan diberikan status beta.

Alpha testing
Istilah yang sering diberikan kepada versi terawal sesuatu produk perangkat keras maupun lunak yang akan dikeluarkan. Ini juga menandakan produk itu masih belum stabil dan mungkin masih memiliki beberapa kekurangan dari segi ciri-cirinya. Selepas beberapa siri pengujian dilakukan dan beberapa penilaian semula dibuat, produk tersebut kemudiannya akan diberikan status beta.
Alpha testing disebut juga dengan tahap pengembangan, dimana dalam perangkat lunak atau perangkat keras yang telah dibuat dikirim ke kelompok pemakai atau pembeli yang potensial yang telah ditentukan kemudian mereka akan menggunakan produk ini untuk melaporkan apakah produk itu gagal, jika terjadi demikian maka dilakukan pembenaran. Alpha testing dilakukan untuk melihat bagaimana produk bekerja pada lingkup yang dapat diramalkan.

Alpha Version
~Versi alpha. Tahapan ujicoba yang dibuat pada tahap pertama dalam pembangunan perangkat lunak komputer sebelum dikeluarkan secara komersial. Ia biasanya diedarkan secara percuma kepada pengguna untuk mendapatkan komentar dan informasi mengenai hasil produksi ini, terutama dalam hal cacat produk, kelemahan yang ada.

~Dalam dunia pembuatan software, alpha adalah tahap pertama kali pembuatan sebuah software. Software yang berstatus alpha masih dalam tahap pembuatan dan biasanya masih banyak fungsi-fungsi yang belum lengkap, serta belum layak digunakan oleh pengguna biasa.

Alphabet
Suatu himpunan karakter yang merupakan huruf-huruf yang digunakan pada bahasa tertulis.

Alphabetic
Adalah merupakan lambang-lambang yang berasal dari huruf, yaitu A sampai dengan Z. Huruf kapital atau sebaliknya tidak berpengaruh.

Alphabetic code
Kode alfabetik. Menggunakan 26 kombinasi huruf untuk kodenya.

Alphageometric
Pada grafika komputer,terutama sistem videotex, dan teletex, metoda tampilan yang mencakup kode untuk karekter alfanumerik maupun bentuk-bentuk geometrik dasar.

Alphamosaic
pada grafika komputer terutama videotex dan teletex, metode tampilan yang mencakup kode-kode untuk karakter alfanumerik dan membentuk grafik pada layar sebagai susunan segiempat dari elemen.

Alphanumeric
Semua karakter A-Z,0,1-9, serta semua lambang yang tersedia oleh sistem, yang merupakan terjemahan dari ASCII.

Alphanumeric code
Kode alpanumerik. Kode yang menggunakan gabungan angka huruf dan karakter khusus.

alphanumeric dispalay terminal
Terminal yang mampu menampilkan karakter (huruf, angka dan lambang-lambang).

alphanumeric sort
Metoda pengurutan yang serupa dengan pengurutan abjad tetapi memperhitungkan adanya angka, tanda-tanda baca dan karakter khusus.

Alt
Singkatan dari Singkatan dari Alternate, yang merupakan nama tombol pada keyboard. Fungsi dari tombol ini, disesuaikan dengan aplikasi yang digunakan.
________________________________________
Singkatan dari Automatic Line Tracking.
________________________________________
Suatu kategori tahap teratas bagi kumpulan berita alternatif USENET. Kumpulan berita ini bisa dipancing oleh siapa saja tergantung kepada waktunya, kelengkapan dan kepakaran. Hierarki Alt meliputi kepelbagaian topik yang lebih luas ruang lingkupnya yang merangkumi informasi tentang perniagaan, politik dan sebagainya.

Alt key
Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini baru berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan huruf tertentu dapat digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada menu secara cepat.

Alternate
Gilir, bergantian, wakil, pengganti.
________________________________________
Istilah lain dari Alt.

alternate key
Merupakan kunci cadangan dalam database yang tidak tetapkan sebagai kunci primer.

Alternate Recovery Facility
Merupakan station cadangan untuk pengontrolan satelit.

Alternating Current
Tegangan listrik bolak balik yang dihasilkan oleh suatu generator arus bolak balik atau Perusahaan Listrik Negara. Tegangan yang umum digunakan dirumah atau dikantor adalah 110 V atau 220 V.

Altivore
Adalah Penyusup jaringan yang bersifat open source yang dikiembangkan oleh Network ICE. Altivore menyerupai atau menduplikasi sistem Carnivore milik biro penyelidik FBI di Amerika Serrikat. Network ICE membuat altivore untuk mengajarkan pada masyarakat umum tentang cara kerja dari carnivore dan isu-isu privasi serta keamanan yang berhubungan dengan sistem serupa.

ALU Operation
Kadangkala disingkat dengan AO. Proses operasi data yang dilakukan oleh Arithmatic Logical Unit dengan jalan memproses data yang berada pada register sesuai dengan instruksi yang diberikan.

AM
Singkatan dari Ante Meridien.
________________________________________
Singkatan dari Amplitudo Modulation.
________________________________________
Top level domain (TLD) dari negara Armenia.

AMAPS
Singkatan dari Advanced Manufacturing, Accounting and Production System.

Ambient noise
Istilah lain dari White noise.

AMD K7
Istilah lain dari Athlon, merupakan prosesor keluaran Advanced Micro Devices.

AMD760
Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon. Chipset ini terdiri dari dua chip yaitu AMD761 sistem bus controller atau yang dikenal sebagai Northbridge dan AMD 766 peripheral bus controller atau Southbridge. Chipset AMD760 memberikan standar baru pada teknologi memori yang lebih bertenaga yaitu memori DDR PC1600 dan DDR PC 2100 yang memungkinkan performa tinggi pada aplikasi multitasking dan multimedia intensif. Chipset AMD760 mendukung sampai FSB26 MHz dan memori DDR 266MHz dan juga AGP 4x.

AMD760MP
Chipset buatan AMD untuk digunakan bersama prosesor Athlon MP. Terdiri dari dua chip yaitu chip AMD762 sistem bus controller (Northbridge) dan AMD766 peripheral bus controller (Southbridge). Chipset AMD760MP menggunakan teknologi memori DDR dan memungkinkan performa maksimal pada teknologi prosesor x86 pada aplikasi multitasking dan multimedia. Chipset AMD760MP ini mampu mendukung dua prosesor Athlon MP, FSB 266 MHz, memori DDR PC2100, dan AGP 4x serta mendukung PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

AMD761
Chip sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang menangani elemen sistem penting yang mempengaruhi performa sistem secara keseluruhan sementara juga mengatasi transfer data ke prosesor. Fitur utama AMD761 sistem controller adalah kemampuan untuk mengontrol prosesor Athlon dengan bus 266MHz, memori DDR 266MHz, AGP 4x, dan bus PCI 33MHz/32-bit.

AMD762
CHIP sistem bus controller yang dikenal juga sebagai Northbridge yang mendukung prosesor AMD Athlon MP, memori DDR PC2100 hingga kapasitas maksimal 4GB, dan kartu grafis AGP 4x. Semua fitur ini didisain untuk memberikan performa tinggi pada server kelas entry-level ataupun workstation dual processor kelas range sampai high-end. AMD762 memiliki fitur yang mendukung FSB 266MHz, didisain untuk memberikan peningkatan transfer data 33 persen bila dibandingkan dengan prosesor AMD Athlon biasa. Selain itu chip ini juga mampu menangani DDR memori yang mendukung Error Correction Control (ECC) serta PCI 33MHz/32-bit dan 64-bit.

American Association of Microprocessor Engineers
Perkumpulan dari para ahli dalam bidang micropocessor di Amerika.

American National Standard
Suatu lembaga yang mengatur standarisasi di Amerika.

American National Standard Code for Internation Interchange
Istilah lain dari American Standard Code for Information Interchange. Adalah format yang banyak digunakan untuk file teks di dalam dunia komputer;computer dan internet. Di dalam file ASCII, masing-masing alphabetic, numeric, atau karakter khusus seperti Return, Tab Control dan sebagainya. Dengan adanya standard ini, membuatkan anda mudah melakukan pertukaran informasi antar berbagai peralatan yang berbeda, antar operating system yang berlainan, bahkan komputer yang berbeda
Dalam ASCII, setiap karakter mempunyai angka yang digunakan oleh komputer atau printer untuk mewakili karakter tersebut. Contoh, huruf kapital A diwakili kode 65. Meski dalam ASCII terdapat 256 kemungkinan karakter, ASCII hanya memakan 128 karakter standar, karena direpresentasikan dalam 7-bit bilangan biner (kumpulan dari nol atau satu sebanyak tujuh angka).

American National Standard Institute
Biasanya disingkat dengan ANSI. ANSI merupakan suatu organisasi non profit yang beranggotakan kelompok bisnis dan industri di Amerika. Badan ini didirikan pada tahun 1918. Tujuan dari badan ini diantaranya adalah untuk standarisasi produk dan komunikasi. ANSI ini merupakan badan dari Amerika yang boleh dikatakan cukup representatif dan merupakan sebagai ISO (International Standard Organization). Dalam hal bahasa pemrograman, standard yang telah dikeluarkan diantaranya untuk Bahasa Cobol, C, dan Fortran. Standard yang disahkan oleh ANSI, sering disebut sebagai ANSI Standard, misalnya ANSI C, versi dari C yang disahkan oleh ANSI.

American Online
Biasanya disingkat dengan AOL. Penyedia jasa layanan online di Amerika. Layanan perusahaan ini, selalin ISP (Internet Service Provider), juga penyediaan saluran informasi di portal mereka yang bisa diakses di http://www.aol.com/, pada portal ini disediakan bermacam-macam informasi seperti riset, breaking news, reservasi, ticketing, e-commerce, dsb.

American Standard Code for Internation Interchange
Biasanya disingkat dengan ASCII. Suatu kode skema yang menggunakan 7 atau 8 bit, yang memberikan lambang sebanyak 256 jenis karakter. Di dalam karakter-karakter ini, telah termasuk di dalamnya huruf, angka, lambang-lambang khusus, kode kontrol perintah, serta kode lainnya. ASCII ini didevelop pada tahun 1968, yang merupakan standar untuk transmisi data antara software dan hardware. ASCII ini digunakan dalam dikebanyakan komputer mini, dan di seluruh komputer pribadi.
Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.
format yang banyak digunakan untuk file teks di dalam dunia komputer dan internet. Di dalam file ASCII, masing-masing alphabetic, numeric, atau karakter khusus direpresentasikan dalam 7-bit bilangan biner (kumpulan dari nol atau satu sebanyak tujuh angka).
Karakter dalam kode ASCII dibagi dalam beberapa group yaitu : control character, angka, huruf besar, huruf kecil, dan tanda baca (pada tabel tidak begitu jelas). Control-character ini sering disebut sebagai non-printable-character, yaitu karakter yang dikirim sebagai tahap awal (pengenalan) dalam berbagai kegunaan komunikasi data, misalnya sebelum informasi dikirim dari PC ke printer.
Dengan kumpulan bit ini terdapat sebanyak 128 character yang bisa didefinisikan. Sistem operasi berbasis Unix dan DOS menggunakan ASCII untuk file teks, sedangkan Windows NT dan 2000 menggunakan kode yang lebih baru yang dikenal dengan istilah unicode. Sistem yang dikeluarkan oleh IBM menggunakan data yang dibentuk dari 8 bit, yang disebut dengan EBCDIC.

Comments

Popular posts from this blog

Cantik 100% For Photoshop 7.0, CS2, CS3, Program Cantik & Perawatan Kulit buat PhotoShop

Trik mempercepat proses shut down Windows XP