Kamuss IT bag 4

Access Arm
Suatu lengan/batang yang pada bagian ujung batang tersebut memiliki head untuk proses membaca/menulis. Access arm ini biasanya terletak pada bagian dalam harddisk yang berfungsi untuk melakukan operasi baca/tulis data.

Access Challenge
Paket respon dari server RADIUS yang meminta supaya pengguna memberikan informasi tambahan sebelum diautentintifikasi.

access Charges
Biaya yang dibayarkan oleh pelanggan atas penggunaan sinyal pembawa jarak jauh dan perangkat Local Exchange untuk melakukan telepon jarak jauh (diluar telepon lokal)

access code
kombinasi hurup-hurup atau angka sebagai identifikasi diri untuk menuju ke komputer di tempat lain.
Access control
Mekanisme untuk pengontrolan atau pembatasan akses terhadap resources dengan melakukan proses authorisasi terhadap user yang mengakses resources tersebut. Mekanisme ini diatur berdasarkan user itu sendiri atau dibentuk berdasarkan kelompok, yang dikenal dengan nama groups dari kumpulan user tertentu. Akses kontrol ini, digunakan khususnya untuk mengendalikan hak akses terhadap resources yang tersedia dalam jaringan, seperti hak terhadap server, direktori, dan file.
Access Control Block
Biasanya disingkat dengan ACB. Block dari memori yang menyimpan data untuk mengontrol akses dilakukan ke memori data atau memori lainnya.

Access Control Field
Program pengontrol untuk pengambilan dan penyimpanan data field pada sistem pengolah data (database).
Access Control List
Disingkat juga dengan ACL. Daftar pengontrolan untuk melihat layanan yang dapat diakses ataupun yang tidak, terutama dari sumber daya yang tersedia, biasanya digunakan di dalam komputer jaringan. Pemberlakuannya terhadap peruser maupun sekelompok user yang dikenal dengan group. Windows Discretionary Access Control List (DACL) dan System Access Control list (SACL) adalah contoh dari Access Control List ini.

Access Control Register
Program yang mengontrol lalu lintas data yang terdapat pada register.
________________________________________
Kadangkala disingkat dengan ACR. Suatu program yang mengontrol lalu lintas data yang terdapat pada register.
Access Control Unit
Disingkat dengan ACL. Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan membuat daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang tidak oleh host tertentu pada suatu jaringan.
Access Control Word
Metode pengotrolan akses data per 16 bit.
Access denied
Akses ditolak. Pesan ini biasanya dimunculkan ketika seseorang atau sistem tidak berhasil melewati proses atorisasi, pada saat akan memasuki sistem lainnya.
Access Device
Komponen perangkat keras yang digunakan dalam sistem kendali pensinyalan, misalnya access server atau multiplexer.
Access Group
Semua stasiun yang memiliki akses identik ke suatu jaringan atau basis aplikasi.
________________________________________
Subperintah pada antarmuka Cisco untuk menggunakan Access List pada antarmuka suatu router.
Access Line
Jalur akses. Jalur yang disediakan untuk diakses ke suatu sentral data, baik dengan menggunakakan jalur telepon atau media lainnya.

Access Link
Link akses. Akses Mata rantai. Misalnya akses telepon rumah melalui sentral telepon sehingga bisa terhubung dengan pengguna telepon lainnya.

access list
Sebuah daftar yang disimpan oleh router Cisco untuk mengendalikan akses ke atau dari router terhadap beberapa layanan yang tersedia (misalnya, untuk membatasi agar paket dengan alamat IP tertentu supaya tidak meninggalkan suatu antarmuka pada server jaringan)

access mechanism
komponen penggerak disk yang menempatkan kepala bacatulis ke atas jalur disk magnetis atau optis.
di software,merupakan sinonim kata access method,yaitu sarana suatu aplikasi untuk menulis atau membaca ke sumber

Access method
Cara untuk melakukan proses transfer data, misalnya dalam proses input maupun output, atau dari suatu piranti dengan piranti lainnya.
________________________________________
Dalam jaringan:
1. Secara umum, adalah cara bagaimana perangkat jaringan mengakses media jaringan.
2. Metode dimana stasiun atau terminal dapat mengakses suatu jaringan atau aplikasi host.
3. Perangkat lunak dalam sebuah pemroses SNA yang mengendalikan arus informasi yang melalui sebuah jaringan.

Access Network
Bagian dari sebuah jaringan yang dapat diakses oleh publik yang menghubungkan beberapa node akses ke para pelanggan individual.

Access Nodes
Titik pada tepi Access Network yang mengkonsentrasikan beberapa jalur akses individual menjadi suatu jalur penghubung dalam jumlah yang lebih kecil. Access Nodes dapat menjalankan berbagai bentuk konversi protokol. Access Nodes yang umum dijumpai adalah sistem Digital loop carrier yang mengkonsentrasikan beberapa jalur telepon individual ke jalur T1, situs antena seluler, PBX, dan Optical Network Unit.

Access Number
Nomor akses, nomor yang dituju untuk mendapatkan hubungan atau kontak. Suatu nomor (biasanya nomor telepon) yang mengijinkan anda untuk mengakses modem lain. Contohnya nomor telepon provider anda untuk akses internet.

Access Path
Lokasi akses, jalur menuju sehingga mendapatkan akses. Suatu perintah yang memerintahkan komputer untuk mengadakan pencarian file ke direktori yang dicantumkan.

Access Permission
Terdapat dalam sistem operasi UNIX. Access permission adalah himpunan hak penggunaan yang dihubungkan dengan setiap file dan direktori yang menentukan siapa yang dapat membacanya, menulis kepadanya, atau menjalankannya. Hanya pemilik pemilik dari file {atau super-user) yang dapat mengubah hak penggunaan ini.

Access Point
Disingkat dengan AP. Suatu tempat yang menjadi pusat dari beberapa koneksi terhubung. Alat ini juga dikenal dengan Cross Box. Jika dilihat dari sudut pandang koneksi telepon, Access Point adalah suatu box tempat dimana kabel telepon dari pelanggan telepon terkoneksi.

Access Privilege
Hak yang diberikan kepada seseorang atau suatu sistem untuk mengakses sistem lainnya. misalnya hak untuk membuka dan mengubah direktori dan isi dari server dimana user dapat mengontrol akses kepada informasi bersifat konfidensial/rahasia yang tersimpan dalam direktori server.

Access Provider
Penyedia akses. Biasanya berupa suatu perusahaan yang menyediakan layanan yang menghubungkan komputer dari suatu lokasi ke lokasi lainnya sehingga masing-masing komputer tersebut dapat saling berkomunikasi, misalnya dari komputer anda ke penyedia akses internet.

Access restriction
Pembatasan akses. Misalnya untuk pengamanan data pada komputer jaringan, dengan menggunakan fasilitas ini data yang ada pada komputer yang dimaksud tidak bisa dimasuki oleh sembarangan orang, terutama untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Access Right
Hak Akses. Suatu ijin yang diberikan kepada anda atau sistem untuk mengakses suatu sistem lainnya, misalnya untuk mengadakan operasi baca/tulis file pada komputer (biasanya pada jaringan komputer) dan apabila anda tidak memilikinya maka anda tidak akan diberi ijin untuk melakukan operasi baca/tulis pada file tersebut.

Access server
Pemroses komunikasi yang menghubungkan perangkat asinkron ke suatu LAN atau WAN melalui jaringan dan perangkat lunak emulasi terminal. Perangkat ini menjalankan operasi routing baik secara sinkron ataupun asinkron pada protokol-protokol yang didukungnya. Access Server sering juga disebut dengan Network access server.

Access Speed
Kecepatan akses atau transfer data dari melalui suatu media, misalnya untuk mencari dan mendapatkan data pada CD dan perangkat lainnya. Kecepatan ini dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti media yang diaksesnya, jalur tempat data yang tersedia, mesin pemroses, dlsb.

Access time
Waktu akses. Istilah untuk mengukur kecepatan akses pada Media penyimpanan maupun Memory. Access time pada Hard Disk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memory menggunakan satuan nanodetik. Makin kecil angka access time menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi.

Access unit
Perangkat untuk melakukan proses pengaksesan atau kontak dengan perangkat lain. Contohnya hub.

Access VPN
akses dari satu lokasi ke intranet, Internet, atau extranet melalui jaringan publik dengan menggunakan policy seperti jaringan privat. Access VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses resource perusahaannya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Access VPN mencakup jalur analog, ISDN, digital subcriber line (DSL), mobile IP dan berbagai teknologi kabel tersebut dapat dipisahkan menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Client-Initiated,
2. Remote Router-Initiated,
3. Network Access Server (NAS)-Initiated.
Keuntungan-keuntungan dari perpindahan ke Access VPN antara lain adalah pengurangan biaya perusahaan akibat pengeluaran yang berhubungan dengan modem dan terminal server equipment, penggunaan pulsa lokal sehingga mengurangi penggunaan hubungan interlokal. Selain itu, Access VPN mempunyai tingkat skabilitas yang tinggi dan kemudahan dalam pengorganisasian jaringan jika ada penambahan pengguna baru, sehingga perusahaan bisa lebih berkonsentrasi pada core bisnis dan bisa mengurangi beban pemeliharaan jaringan. Telecommuter, divisi sales, perwakilan atau kantor cabang, dan karyawan yang bertugas di luar adalah para pengguna Access VPN.

Accessibility
kemampuan untuk pengaksesan, atau kemampuan untuk diakses.

Accessibilty
Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows.

Accessible
Bisa diakses. Tingkat kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi yang bersangkutan.

Accessories
Aksesori, program atau perangkat tambahan. Alat tambahan yang terdiri dari berbagai bentuk yang berfungsi untuk meningkatkan penggunaan sebuah peranti seperti telepon genggam atau komputer. Alat tambah bagi telepon genggam misalnya cover (pembungkus), baterai, pengecas bateri, klip yang dipasang pada tali pinggang dsb. Pada sistem operasi, biasanya berisi kumpulan utilitas perangkat lunak tambahan.

Accessory
alat tambahan untuk komputer,contohnya mouse atau modem

ACCIS
Account Current Company Information System.

Account
Data tentang seseorang atau objek. Account ini menyimpan berbagai informasi tentang seseorang atau objek yang dimaksud. Misalnya account anda dalam suatu komputer jaringan, atau pada suatu webserver.
Pada account tersebut disimpan informasi yang menyangkut tentang diri anda, biasanya minimal nama dan password anda, sedangkan jika diperlukan data lainnya, disesuaikan dengan fungsi dari sistem tersebut. Data ini misalnya digunakan untuk menentukan hak akses seseorang ke sebuah komputer atau network, untuk mengetahu siapa yang masuk ke dalam sistem tersebut biasanya diperlukan username sehingga dengan demikian bisa mengarahkan identifikasi tentang siapa yang memasuki sistem tersebut.

Accounting
Proses yang dilakukan terhadap data yang ada pada account. Di dalam Sistem Operasi jaringan misalnya, accounting ini adalah merupakan suatu fasilitas untuk pengaturan hak-hak dari user yang menggunakan akses ke server. Accounting ini, berisi tentang data-data yang berhubungan dengan akses dari user tersebut.

accounting information system
sistem komputer yang diterapkan dalam pengelolaan keuangan atau akuntansi.

Comments

Popular posts from this blog

Cantik 100% For Photoshop 7.0, CS2, CS3, Program Cantik & Perawatan Kulit buat PhotoShop

Trik mempercepat proses shut down Windows XP