Kamus IT bag5

Accounting information systems
Sistem informasi akuntansi, menyediakan informasi dari transaksi keuangan.
Accounting Machine
Suatu jenis komputer non-elektrik untuk menghitung data finansial perusahaan besar yang digunakan pada tahun 1940-an. Pada saat ini sudah banyak sistem atau mesin yang dapat melakuan proses tersebut.

Accoustic Coupler
Biasanya disebut juga dengan modem, yaitu alat untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.

Accumulator
Pengumpul, penjumlah. Adalah register utama di dalam Central Processing Unit (CPU) yang merupakan tempat untuk melakukan proses arithmatic logic unit dan menyimpan hasilnya untuk sementara waktu.

Accumulator Buffer Register
Kepanjangan dari ABR. Bagian dari memori yang mencatat sementara nilai hasil perhitungan.

Accuracy
Ketelitian, kecermatan, ketepatan. Tingkat ketelitian dan ketepatan komputer terhadap perhitungan. Komputer dikenal dengan kemampuannya untuk melakukan dengan perhitungan dengan tepat.

Accurate
Teliti, tepat, cermat, seksama, akurat. Derajat kebebasan informasi dari kesalahan. Bebas dari kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Dalam informasi, informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan ( noise ) yang dapat merubah atau merusak data tersebut.

ACE/OCS
A Cost Estimating/ Order Control System.

Acknowledge
Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement.

Acknowledgement
pengakuan, surat tanda terima, penghargaan.
________________________________________
Biasanya disingkat dengan istilah ACK. Apabila suatu komputer menghantar satu blok data ke komputer lain menelusuri sebuah rangkaian, maka komputer kedua akan memberikan kode ACK untuk menandakan bahwa pengiriman data tersebut telah sukes. Jika terdapat kesalahan dalam transmisi tersebut, maka komputer kedua akan mengirimkan kode yang dikenal sebagai acknowledgement negative (NAK).

Acknowledgement Negative
Disingkat dengan NAK. Suatu kode transmisi dalam jaringan.

ACM
Singkatan dari Alterable Control Memory.
________________________________________
Singkatan dari Association for Computing Machinery. kumpulan orang-orang profesional yang berhubungan dengan industri komputer.
oleh : Pinky Angga mahardika, mahasiswa teknik informatika,

acoustic coupler
sebuah alat komunikasi yang bergagang telepon untuk membangun hubungan antara komputer pengirim dan komputer penerima.

Acoustic Modem

Alat ini mengubah sinyal elektrik yang diterima oleh modem menjadi suara yang dimunculkan ke speaker, selain juga mengubah kembali sinyal suara yang ditangkapnya melalui microphone menjadi sinyal listrik.

ACP
Singkatan dari Airline Control Program. Program pengontrol penerbangan pesawat udara.
________________________________________
Singkatan dari Arithmetic Control Processor.

ACPA
Singkatan dari Association of Computer Programmers and Analysts. Perkumpulan para Programmer dan Analis komputer.

Acrobat
Suatu teknologi yang dibangun dan dikembangkan oleh kelompok Adobe untuk menyampaikan bahan-bahan dalam bentuk grafik kepada komputer lain. Plug-in dari Acrobat Reader ini memberikan berbagai fasilitas termasuk di dalamnya menelusuri alamat-alamat web dari data yang dimaksud.

Acrobat Reader
Software yang digunakan untuk membuka arsip elektronik acrobat.

Acronym
Singkatan yang dibentuk dari huruf-huruf kata uraian. Seperti bidang lainnya, dunia Teknologi Informasi juga memiliki bahasa sendiri untuk membedakan piihan dan fitur yang terkait dengan keputusan-keputusan yang spesifik.

ACS
Singkatan dari Accounting Control System. Suatu perangkat lunak yang dapat melakukan pengontrolan terhadap data keuangan.
________________________________________
Singkatan dari Advanced Communications Service, yaitu layanan lebih dari pada yang diberikan kepada umum, layanan ini khusus untuk bidang telekomunikasi.
________________________________________
Singkatan dari Associated Computer System.
________________________________________
Singkatan dari Australian Computer Society, merupakan suatu perkumpulan para ahli dalam bidang komputer di Australia.

action statement
lihat statement

Activation
Proses untuk menyalakan perangkat pelanggan agar mendapatkan akses dan hak untuk masuk ke jaringan atas nama seorang pengguna yang telah terdaftar.

Active
Rajin, aktif. Suatu kondisi yang sedang digunakan pada sebuah sistem, baik software maupun hardware, seperti harddisk, lokasi sel pada lembar kerja (worksheet).

active Devices
Istilah dalam jaringan Token Ring untuk menyebut perangkat yang memerlukan listrik AC agar dapat beroperasi. Bila diaplikasikan dalam suatu putaran Token Ring, perangkat inilah yang memberikan arus listrik kepada keseluruhan putaran tersebut.

Active Directory Service Interfaces
Biasanya disingkat dengan ADSI. merupakan sebuah service berbasis COM, yang membuat ADSI tunduk terhadap aplikasi client untuk mengakses berbagai macam resource yang terhubung dalam suatu koneksi, sehingga didapatkan dengan alamat yang tepat terhadap direktori yang dimaksud, termasuk misalnya Windows Directory Services dan Lightweight Directory Access Protocol (LDAP). ADSI ini, aplikasi yang dijalankan dari client dari pelaksanaan eksekusinya dan detil operasionalnya terhadap dasar-dasar proses pengiriman data maupun proses dari protokol.

Active Discovery Packet
Jenis paket yang digunakan oleh PPPoE saat berada dalam tahapan pencarian jalur.

active file
sebuah file yang di pengaruhi oleh instruksi-instruksi yang sedang diberikan.

Active Group
Adalah sebuah aturan yang sudah standard, dengan bantuan Open Group, mana yang sifatnya terbuka, atau untuk customer, Active Group ini merupakan suatu kelompok penggerak yang bertanggung jawab terhadap keberlangsungan pembangunan dan pengaturan dari teknologi ActiveX beserta lisensinya.

Active hub
Hub yang malakukan fungsi sebagai penguat signal.
active Monitor
Perangkat yang bertanggung jawab untuk mengelola sebuah jaringan Token Ring. Perangkat ini juga memastikan supaya token tidak hilang atau frame tidak berputar terus menerus tanpa batas dalam ring. Sebuah node dalam jaringan dipilih untuk menjadi Active Monitor bila node tersebut memiliki alamat MAC terbesar di dalam ring.

Active Movie
Teknologi multimedia dari Microsoft yang digunakan untuk mengalirkan informasi dalam format video dan audio sewaktu menerusi Internet. Sebenarnya teknologi ini juga merupakan pendampingan dari ActiveX.

Active Nonvolatile Memory
Memori yang berisi perangkat lunak yang sedang digunakan oleh suatu elemen jaringan.

Active open
Proses operasi dalam koneksi Transmission Control Protocol (TCP) antara client dengan server.

Active Partition
Partisi Aktif. Suatu partisi dalam harddisk yang digunakan untuk memboot dan mengandung sistem operasi harus ditandai sebagai partisi aktif untuk dapat digunakan.
Active platform
Satu set teknologi pengembangan client dan server yang terintegrasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corp. untuk mendukung antar operabiltas objek pada internetworking.

active program
sebuah program yang berada dalam kontrol mikroprosesor

Active script
Sebuah teknologi yang dikeluarkan oleh Microsoft, yang menggunakan Componen Object Model (COM), untuk menjalankan script program sekaligus di Microsoft Internet Explorer tanpa memandang bahasanya serta element pada saat implementasinya.

Active Server Pages
Suatu program yang mengolah script program dalam lingkungan server yang selanjutnya diserahkan ke client. ASP ini digunakan untuk membagun suatu halaman web secara dinamis atau untuk membangun suatu sistem berbasis web. Halaman yang dibuat dengan menggunakan ASP ini, mengandung tag HTML, teks, serta script dari bahasa pemrograman. Halaman dengan ASP ini, dapat memanggil Component Object Model (COM) yang merupakan kumpulan dari komponen untuk melakukan berbagai kegiatan secara elektronik, seperti koneksi ke database, atau untuk melakukan penghitungan dalam bisnis. Dengan menggunakan ASP ini, dapat menambahkan isi dari suatu web, atau membangun seluruh aplikasi web yang menggunakan halaman HTML.
Dikeluarkan oleh Microsoft. Teknologi ini bukanlah bahasa pemrograman, karena ia masih menggunakan instruksi-instruksi dan functions yang ada pada script lain yang juga hasil rekaan Microsoft, VBScript dan JScript.

Active Task Button
Tombol perintah yang terletak pada taskbar yang akan muncul jika sebuah perintah harus dieksekusi.

Active Window
Dalam aplikasi pengolah data, pada saat kita mengerjakan suatu proses, maka kita hanya bisa melakukan dalam satu jendela yang aktif, yang terletak pada jendela bagian atas, dan biasanya ditandai dengan perbedaan warna antara jendela yang aktif dan yang non aktif.

Active-Matrix Display
Suatu jenis monitor tipis berlayar datar yang banyak digunakan pada komputer notebook.

Active/Passsive-Matrix
Metoda penayangan gambar di atas layar yang dikenal juga dengan TFT atau screen dual scan. Metoda ini juga dikatakan lebih efisien dari waktu penggunaan baterai, dan kualitas tampilan informasinya, tetapi cost untuk ini cukup tinggi.

ActiveX
Teknologi atau komponen yang digunakan untuk fungsi-fungsi khusus, seperti animasi, menu pulldown (pop-up), di halaman web, program aplikasi di komputer desktop, maupun tools dari software development.
ActiveX ini dikeluarkan melalui teknologi Microsoft, yang memperbolehkan pembuat situs (developer) untuk menghasilkan isi halaman web secara interaktif untuk World Wide Web. Bahasa yang digunakan tersebut, tidak bergantung terhadap berbagai macam jenis teknologi, sehingga bahasa pemrograman tidak perlu mengenali bahasa detil dari teknologi yang digunakan, sehingga akses dan eksekusi bisa dilakukan terhadap berbagai jaringan perangkat dengan menggunakan bahasa yang mendukung activeX ini. Inti dari elemen teknologi ini adalah Component Object Model (COM) dan COM yang tersebar. Lisensi teknologi ini berada di bawah standard organisasi The Open Group, sehingga bisa digunakan dari berbagai macam platform. Lihat juga Component Object Model; Common Gateway Interface; distributed COM; Java.
ActiveX merupakan jawaban Microsoft terhadap fasilitas plug-in yang ada di sistem/software Netscape. Komponen ActiveX dapat didownload secara otomatis ketika kita melihat isi sebuah situs web. Adanya komponen ActiveX ini dapat membuat peragaan situs web lebih interaktif.
Namun ada berbagai masalah yang berhubungan dengan ActiveX seperti masalah keamanan (security). ActiveX dapat digunakan oleh orang untuk merusak komputer kita seperti yang terjadi dengan virus dan trojan horse. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam menerima (download) komponen ActiveX tersebut.
ActiveX Controls
Adalah komponen software yang bisa digunakan untuk perangkat-perangkat yang mendukung teknologi ActiveX. Control dari ActiveX ini, dapat ditulis dalam berbagai jenis bahasa pemrograman, termasuk C, C++, Visual Basic dan Java.

ActiveX Data Objects
Adalah penghubung database pada level tingkat tinggi, sebagai dasar dalam teknologi akses data, seperti OLE DB, yang diimplementasikan dengan menggunakan Component Object Model (COM).

Activity
Kegiatan, aktivitas.

Activity charting
Gambaran aktifitas.

activity ratio
jumlah total record yang terdapat dalam sebuah file record

ACTLINK
Mengaktifkan Koneksi.

ACTLU
Mengaktifkan unit logika.

ACTOR
bahasa ini di kembangkan dan di pasarkan oleh salah satu perusahaan yang ber nama Whitewater Group,Ltd.bahasa di rancang untuk memudahkan pemrograman Microsoft Window,dan bahasa ini berorientasi obyek

ACTPU
Mengaktifkan unit fisik.

ACTTRACE[/b]
Mengaktifkan pelacakan.

Actuator
Motor yang menggerakkan Access Arm pada hardisk.

ACVC
Singkatan dari ADA Compiler Validation Capability. ADA merupakan suatu bahasa pemrograman.

Ad Filtering
Merupakan layanan yang tersedia di web browser yang memungkinkan web browser untuk melakukan pemblokiran (blocked) dari beberapa fasilitas yang disediakan oleh web browser tersebut, misalnya terhadap penampilan gambar, pembukaan halaman baru yang biasanya diselipkan pada suatu halaman tertentu, halaman yang diblok tersebut umumnya adalah berupa iklan-iklan yang tidak diinginkan oleh pengunjung web site tersebut.

ADA
Singkatan dari Automatic Dynamic Analyzer.
________________________________________
Jenis bahasa pemrograman komputer yang diciptakan oleh Tim Jean Ichbiahs dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 yang memiliki kemampuan untuk membuat sistem navigasi rudal & peluru kendali. Bahasa pemrograman standar dari ADA ini adalah ADA 83, dan yang terbaru ADA 85.
ADA adalah merupakan suatu program yang cukup luas, dan komplek, dan bahasa pemrograman yang bersifat block structured dengan tujuan utamanya untuk embedded application, karena bahasa pemrograman ini memiliki untuk respon secara real time, akses terhadap hardware, dan memiliki kemampuan untuk menghandle error yang terjadi pada saat program dieksekusi.

Adapter
Pengendali. Adaptor, perangkat untuk penyesuaian peripheral yang terpasang. Biasanya adapter ini berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika.

Adapter card
Kartu pengatur penyesuaian alat, suatu kartu yang digunakan untuk menyesuaikan dan menambah fitur dari suatu komputer. Kemampuan dari alat ini macam-macam, diantaranya untuk berkomunikasi dengan perangkat lain, memutar video, menciptakan bunyi, mengirim dan menerima fax, komunikasi tanpa kabel serta berbagai oparasi lainnya.

Adapter Control Block
Perangkat pengendali pada suatu block memori.

adaptive system
sistem yang berkemampuan mengubah sipatnya berdasarkan aspek-aspek tertentu dari pengalamannya dan juga dari lingkungannya

Add
Menjumlahkan, menambahkan. Instrukti pada bahasa pemrograman untuk penambahan suatu bilangan atau penggabungan kalimat.

Add in board
Kartu (card) tambahan yang kita sisipkan dalam motherboard sehingga menambah kemampun komputer kita. Misalnya VGA card untuk menambah kemampuan monitor, sound card untuk menambah kemampuan suara, LAN card untuk membuat komputer kita terhubung dalam sebuah jaringan, dsb.

Add-in
Tambahan. Peralatan atau program pendukung yang ditambahkan. Misalnya peralatan tambahan pada board, program pendukung yang ditambahkan pada sebuah aplikasi.

Add-on
Suatu komponen yang dapat menambah kemampuan dari komponen pada komputer, seperti RAM, CPU, atau yang lain.

Adder
Rangkaian elektronik yang dapat melakukan proses perhitungan terutama dalam penjumlahan dua buah bilangan. Penjumlahan ini dilakukan dengan memasukan dua buah input dan kemudian hasilnya dikirimkan ke dalam suatu memori atau variabel.

Addict
Pecandu. Misalnya pecandu games, penggunaan internet, chatting antar sesama pengguna internet di seluruh dunia.

Addicted
Kecanduan. Menjadikan teknologi informasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam hidupnya.

addition record
suatu file yang memperlihatkan masukan record yang baru ke dalam data base jadi nanti bisa di periksa dan di masukan ke dalam data base.

ADDR
Singkatan dari Address Register. Memori khusus yang mencatat alamat pada suatu lokasi proses yang sedang berjalan pada CPU.

Address
Lokasi pada disk atau memory yang menunjuk di mana informasi tersebut berada. Lokasi yang ditunjuk tersebut disimpan dalam nilai numeric. Memori diibaratkan sebagai beberapa kotak penyimpan data, dan setiap data tersebut diberi nomor.
________________________________________
Memanggil, menegur, mengalamatkan, alamat.
________________________________________
Dalam jaringan komputer berarti sederetan angka yang secara unik mengidentifikasi satu node di dalam jaringan (antar jaringan).
________________________________________
Terdapat tiga jenis alamat yang biasa digunakan dalam Internet yaitu alamat email, alamat Internet Protocol (IP) dan Uniform Resource Locator (URL).

Address and buffer register
Register untuk alamat dan buffer, terdiri dari:
- MAR (Memory Address Register)
- MBR (Memory Buffer Register)
- I/O AR (I/O Address Register)
- I/O BR (I/O Buffer Register)

Address book
Buku alamat. Suatu fasilitas yang terdapat dalam kebanyakan aplikasi seperti email, yang berfungsi untuk menyimpan nama, alamat email, serta informasi lainnya.

Address bus
Pengalamanatan tranformasi data (bus). Pengalamatan bus ini berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingi ditulis atau dibaca di bus ini.
Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N jalur alamat, maka dapat mengalamati 2 pangkat N lokasi memori dan atau port secara langsung.
Saat CPU membaca atau menulis data mengenai port, alamat port dikirim di bus alamat.

Address Control Register
Kadangkala disingkat dengan ACR. Suatu program yang mengontrol pengalamanatan data yang terdapat pada register.

address decoder
Perangkat elektonik yang mengkonversi alamat numerik menjadi pilihan lokasi memory pada satu chip RAM (random access Memory) atau lebih.

address mark
lihat index mark.

address mode
Metoda khusus yang digunakan oleh suatu istruksi:instruction untuk menentukan suatu alamat.

address modification
Proses rocess memperbarui alamat:address selama komputasi.

Address Recognized Indicator/Frame Copied Indicator
Bagian dari paket Token Ring yang memberitahu pengiriman bahwa penerima telah melihat paket tersebut.

Address register
Register alamat, dapat berisi:
(1) alamat di main memory,
(2) alamat instruksi di main memory,
(3) bagian alamat yang digunakan dalam penghitungan alamat lengkap.
contoh:
- register index (index register)
- register penunjuk segmen (segment pointer register)
- register penunjuk stack (stack pointer register)
- register penanda (flag register)

Address Resolution Protocol
Sering disingkat dengan istilah ARP. Sebuah protokol TCP/IP yang menyimpan alamat dari suatu perangkat keras (atau physical address) dari sebuah titik yang terhubung dalam suatu jaringan komputer ke internet, jika yang dikenali hanya IP (atau logical address). ARP meminta melalui jaringan, dan titik tujuan yang memiliki IP address akan meresponnya dengan alamat dari hardware tersebut. ARP terbatas terhadap sistem jaringan secara fisik yang mendukung broadcast packet.

address space
Rentang lokasi memory yang dapat diacu oleh mikroprosesor; secara efektif jumlah memory yang dapat dipakai mikroprosesor bila semuanya tersedia.

address translation
Proses suatu alamat dengan mengevaluasi rumus yang menyatakannya.

addressable cursor
kursor yang dapat di gerakan ke arah manapun pada layar,addressable cursor kebanyakan di gunakan di program aplikasi.

Addressed Call Mode
Sebuah modus yang mengizinkan sinyal dan perintah kendali untuk membangun dan menghentikan suatu koneksi dalam standar V.25bis.

Addressing
Proses memberi atau mengacu ke alamat. Dalam pemrograman, alamat adalah nilai yang menentukan lokasi di memori.

ADDSB
Istilah yang digunakan untuk Address Disable, atau kondisi pengalamatan dalam keadaan tidak aktif.

ADE
Singkatan dari Advanced Data Entry. Singkatan untuk istilah Automated Debugging Environment.

Adi Shamir
Beliau dengan dua orang lainnya, yaitu Ron Rivest, dan Len Adleman adalah penemu algoritma RSA, mereka bertiga berasal dari MIT.

Adjacency
Sebuah hubungan yang terbentuk antara router tertentu yang berdekatan dan node terakhir dari suatu jaringan, dengan tujuan agar dapat melakukan pertukaran informasi routing. adjacency dilakukan berdasarkan penggunaan segment media yang sama.

Adjacent Channel
Sebuah kanal yang secara langsung berada dibawah atau diatas sebuah kanal yang khusus.

Adjacent Point Code
Kode untuk titik lompatan berikutnya dalam sistem untuk kanal pembawa yang biasanya merupakan suatu STP (Signal Transfer Point).

Adjust
Melengkapi, menepatkan, menyetel, membenarkan.

ADM
Singkatan dari Adaptive Database Manager.
________________________________________
Singkatan dari Adaptive Delta Modulation.
________________________________________
Singkatan dari Administrator, sebutan yang digunakan untuk seorang system administrator.
________________________________________
Singkatan dari Add/drop Multiplexer.

Admin
Singkatan dari Administrator, sebutan untuk seorang system administrator.

AdminID
Istilah yang digunakan untuk Administrative Identification.

Administrative Domain
Kelompok host, router, dan jaringan yang menghubungkannya, yang dioperasikan dan dikelola oleh sebuah organisasi tunggal yang memiliki otoritas. Untuk penjelasan yang lebih detailnya terdapat dalam dokumen RFC 1983.

Administrative Terminal System
Sistem yang dikembangkan untuk mempermudah orang yang mengetik untuk menyalin teks. ATS dikembangkan oleh IBM Corp.
Administrator
Orang yang memeberikan pertanyaan kepada User Registrar untuk menganalisis status pengguna secara individual dan permasalahan yang ada, serta untuk membuat himpunan statistik.

Administrivia
Beberapa tugas administratif yang kebanyakan berhubungan dengan perawatan layanan mailing list, digest, news gateway, dan sebagainya.

Admissions Confirmation.
Suatu pesan RAS yang dikirimkan sebagai sebuah konfirmasi perijinan.

ADN
Singkatan dari istilah Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

Adobe Acrobat
Perangkat lunak untuk mengolah dokumen Portable Document Format (PDF). Biasanya perangkat lunak ini disebut Acrobat saja.

Adobe PageMaker
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.

Adobe Photoshop
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

Adobe Systems Inc
Perusahaan perangkat lunak yang berpusat di California. Perusahaan ini telah membuat bermacam-macam software yang cukup terkenal, diantaranya adalah Adobe photoshop, Adobe Acrobat, dll. Salah satu hasil karya mereka yang sering digunakan adalah dokumen PDF (Printable Document Format). Pada tahun 1995/awal 1996 perusahaan ini mengambil alih perusahaan Frame Technology Corporation.

ADREN
Simbol dari Address Enable, seting untuk mengaktifkan pengalamatan.

ADSI Provider
Sebuah aplikasi yang mampu memberikan izin terhadap sebuah resource yang akan diakses oleh aplikasi clien ADSI, khususnya dalam implementasi ADSI.

ADTD
Singkatan dari Association of Data Terminal Distributors, Perkumpulan para distributor terminal data.

ADTS
Singkatan dari Automated Data and Telecommunications Service, layanan otomatisasi data dan telekomunikasi.

ADU
Singkatan dari Automatic Data Unit.
________________________________________
Singkatan dari Automatic Dialing Unit, bagian perangkat yang melakukan proses dial secara otomatis.

Advance
Maju, Cepat, yang mendahului.

Advance Photo System
Disingkat dengan APS. Suatu teknologi dalam dunia potografi dimana berbagai informasi dapat ditambahkan pada setiap gambar yang direkam.

Advance Technology
Biasanya disingkat dengan AT. Sebutan lainnya adalah IBM PC AT. Jenis komputer yang merupakan pengembangan dari pendahulunya, yaitu XT (Xenior Technology). Merupakan nama yang diberikan IBM untuk PC generasi kedua yang diperkenalkan semenjak tahun 1984. Sebutan untuk PC yang menggunakan processor Intel 80286 dan kompatibelnya.

advanced BASIC
Istilah generik yang digunakan untuk menggambarkan implementasi bahasa BASIC yang mencakup fasilitas kontrol dan operator yang tidak terdapat pada BASIC "standar".

Advanced Communications Function
Kelompok produk berbasis jaringan SNA yang menyediakan pemrosesan dan berbagipakai secara terdistribusi.

Advanced Configuration and Power Interface
Disingkat dengan ACPI. Suatu sistem interface hardware untuk manajemen power pada komputer yang memungkinkan komputer mematikan bagian komponennya yang tidak digunakan dan mengaktifkannya kembali saat dibutuhkan. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi.
Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi dengan mengubah suatu peralatan yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit daya (lowed power state). Konsep ini juga berlaku untuk keseluruhan sistem, membuat keseluruhan sistem berada pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state).

Advanced Data Communications Control Ptocol
Sebuah standar ANSI untuk protocol datalink control yang berorientasi pada beberapa bit.

Advanced Digital Network
Biasanya disingkat dengan ADN, Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.

Comments

Popular posts from this blog

Cantik 100% For Photoshop 7.0, CS2, CS3, Program Cantik & Perawatan Kulit buat PhotoShop

Trik mempercepat proses shut down Windows XP