Istilah IT bag-2

A Simulation Process-Oriented Language
Disingkat dengan ASPOL. Merupakan bahasa pemrograman dengan penulisan mirip dengan ALGOL, yang digunakan untuk simulasi komputer.

A Tools Integration Standard
Disingkat menjadi ASIS. Merupakan suatu perangkat berbasis objek (object-oriented) untuk mengatur layanan yang diperbolehkan seperti saving, accessing, dan managing dari informasi. Teknologi ini dibangun pertama kali oleh Atherton Techonology dan DEC yang ditujukan pada awalnya sebagai standard dalam dunia industri.

A/M
Ampers per meter.

A1
Bahasa pemrograman Address 1 Code. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Matthew Newhook, dan digunakan untuk pengetesan keluaran dari compiler. Bahasa pemrograman ini membutuhkan GCC.

A
Istilah yang lazim digunakan sebagai penjunjuk drive pertama yang ada di PC (biasanya pada PC dengan sistem operasi DOS atau Windows) dapat berupa drive 3.5 inch atau 5.25 inch. Drive pertama ini biasanya dapat digunakan untuk memboot komputer lewat floppy disk.

AAA
Authentication, Authorization, accounting. Adalah sebutan yang menyatakan sebuah proses yang mencakup autentikasi, otorisasi dan pencatatan yang digunakan oleh penyedia layanan telekomunikasi dan jasa internet untuk mengenakan biaya pada pelanggan. Autentikasi digunakan untuk mengenali pengguna yang boleh memasuki system. Otorisasi adalah untuk memberikan wewenang bagi pengguna untuk mengakses resource pada sistem. Accounting digunakan untuk mencatat berapa banyak resource yang dipakai dan memberitahukan berapa biaya yang harus dibayar oleh pengguna.

AB Box
Kotak Swicth (pengarah arus). Perangkat ini berfungsi untuk mengarahkan arus ke perangkat alternatif. misalnya dari output VGA pada komputer dilewatkan dulu ke alat ini, dan alat ini terhubung juga ke layar monitor A dan layar monitor B. Sehingga tampilan output tersebut bisa dilihat pada tujuan yang diarahkan, pada layar monitor yang terhubung ke AB Box terebut. Alat ini juga dikenal dengan AB Switch.

ABACUS
abakus, sempoa - Alat penghitung yang diciptakan 3000 tahun sebelum Masehi. Pada alat ini terdapat manik-manik yang dipasangkan di dawai atau kayu melintang. Manik-manik ini digerak-gerakkan pada waktu melakukan perhitungan/operasi matematika.

Abandon
Menterlantarkan, menelantarkan, meninggalkan, mengabaikan suatu proses.

Abbreviation
Singkatan.

ABICOMP
Association of the Brazilian Computer and Peripherals Industry. Perkumpulan industri perangkat komputer di Brazil.

ABIOS
Advanced BIOS. Suatu jenis BIOS khusus yang ditujukan untuk komputer IBM PS/2 yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan komputer di mode multitasking dan menyediakan suatu lokasi tertentu di memori untuk program tertentu saja.

ABIWord
Aplikasi GNOME Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord tergolong dalam salah satu perangkat lunak open source yang dilisensi dengan GNU GPL (General Public License). Karena bisa digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

ABM
Asynchronous Balanced Mode.

Abnormal
Tidak normal, tidak lazim. Suatu proses yang berjalan atau dieksekusi dalam kondisi tidak normal.

Abnormal end
Istilah ini kadang kala disingkat dengan Abend. Pemberhentian suatu proses karena kejadian yang tidak lazim. Penyebab pemberhentian proses ini diantaranya adalah karena kesalahan yang terjadi pada program itu sendiri, terjadi kesalahan pada proses input atau output, dan lain-lain. Misalnya file yang berubah, terserang virus, dsb.

ABOL
Adviser Business Oriented Language.

Abort
Penghentian kerja dari suatu sistem yang diakibatkan karena kesalahan teknis dan mengembalikan operasi kembali ke jalur sistem konvensional.
Perintah ini muncul karena berbagai alasan, diantaranya karena :
- Konfirmasi kepada user karena pemberhentian secara paksa eksekusi yang sedang berjalan,
- Pemberhentian karena sistem tidak mampu mengantisipasi error (kesalahan) terhadap proses yang sedang berjalan.

Abort, Ignore, Retry, Fail
Suatu jenis error yang ditemukan di DOS, terutama ketika anda mencoba untuk mengakses suatu media yang tidak dapat diakses. Jika hal ini terjadi pada waktu akses ke disket, biasanya disebabkan karena tidak adanya disket di drive, disket di write-protected, atau disket rusak.

About
Suatu pilihan pada suatu program atau sistem yang biasanya berisi informasi penting mengenai registrasi pengguna, pembuat perangkat, atau informasi lainnya yang berhubungan dengan sistem yang sedang dieksekusi.

ABPS
Automated Bill Payment System.

Abrupt
Secara harfiah, kata ini berarti Kasar, tiba-tiba.

Abrupt cutover
Perubahan suatu sistem secara langsung atau menyeluruh.

ABS
Absolute, nilai mutlak. Misalnya nilai mutlak dari -66 adalah 66. Sedangkan nilai mutlak dari 66 itu sendiri adalah 66 juga.

Absolut
Penulisan lain dari absolute.

Absolute
Nilai mutlak. Misalnya nilai mutlak dari -66 adalah 66. Sedangkan nilai mutlak dari 66 itu sendiri adalah 66 juga.

Absolute Address
Alamat suatu data spesifik pada memori, alamat ini menunjuk langsung pada lokasi memori tersebut,dengan menggunakan alamat.

Absolute cell
Alamat pasti pada suatu sel. Sel di sini bisa merujuk kepada worksheet maupun pada database.

Absolute cell reference
Merupakan lokasi yang dijadikan sebagai acuan atau referensi. Istilah ini banyak digunakan dalam pengolahan lembar kerja atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan worksheet.
Di dalam pengolaha data worksheet, yang dimaksud dengan nilai acuan absolut, biasanya suatu nilai yang berada pada suatu sel yang alamatnya dikunci, dan diberi lambang $ sebagai penguncinya.

Comments

Popular posts from this blog

Cantik 100% For Photoshop 7.0, CS2, CS3, Program Cantik & Perawatan Kulit buat PhotoShop

Trik mempercepat proses shut down Windows XP