How I made $8,250 last month

How I made $8,250 last month (Tips & Trick only)
OK, pertama gw gak mau minta lu join apapun. Gw cuma mau berbagi tips buat orang2 Indo supaya bisa makin kompetitif ama orang luar di dunia webmaster and make money online. Mungkin lu tertarik masuk ke sini dan bertanya, "masa seh neh orang bisa kaya gini" dan pertanyaan2 skeptis lainnya. Pertama, gw cuma mau berbagi tips dan sharing tips and trik yang mungkin bagi para expert terdengar basi. Bagi anda yang sudah menghasilkan byk duit, ya itu terserah anda supaya menutup thread ini atau menganggap anda sudah "membuang2" waktu dengan membaca tulisan panjang saya ini. Toh gw cuma mau berbagi jadi yah ga ada salahnya kan menyerap dan berbagi ilmu scr gratis?

OK, satu hal yang pasti: gw gak akan seperti Jeremy Schoemaker, Zac Johnson, ato siapapun yg pernah pamer screenshot check yg mereka dapet. Penghasilan utama gw adalah dari affiliate marketing dan saat ini gw selalu dibayar pake wire transfer (jauh lebih cepet dibanding check cairnya). Dan spt gw bilang, gw cuma mau berbagi tips dan trick soal cara2 marketing, let's begin:

Sedikit background: Gw kenal dunia internet kira-kira satu setengah tahun yang lalu. Saat itu gw dah putus kuliah (masih usia 18 saat itu). Gw terus coba ngikut kerja di tempat orang tua gw, dengan harapan, suatu saat gw mewarisi bisnis orang tua gw sendiri. Tapi hanya dalam bbrp bulan gw berhenti karena gw ngerasa ini bukan lahan gw. Terus dengan skill computer yang minim, gw coba belajar tutorial sana sini. Pertama gw coba cari-cari soal tutorial webmastering dan make money online dari Google. Gw belajar 80% dari web2 luar dan 20% dari blog dan web lokal saat itu semacem blog-nya Cosa Aranda dan juga Adsense-ID. Soal tutorial cara bikin web yang rada advanced, gw biasanya cari tutorial di Google dan juga di forum2 webmaster (tanya2 orang). nah selanjutnya betul2 dari pengalaman aja deh, bikin website, otak-atik sana sini, aktif di forum2 internet marketing macem digitalpoint, dsb. Gw tiap hari baca kok blog2 money maker macem punyanya si Jeremy Schoemaker dan juga gw baca TechCrunch dan blog2 sejenis.

Langsung yah...cara2 marketing gw: Saat ini gw punya 3 web yg bergerak di bidang health dan 1 lainnya yang bergerak di bidang elektronik (sorry tapi gw gak akan nge-reveal niche dan URL web gw). Gw juga punya web yang bergerak di bidang video game, tapi ngurusnya samaan ama orang lain (masih baru banget). Dulu pernah juga ngejual web soccer gw karena web soccer itu harus diupdate tiap hari, jujur aja rada males update-nya kalo sampe 3x sehari.

Soal marketing, metode utama gw tetep search engine optimization. Tapi gw juga ngelakuin hal2 semacem social media optimization, youtube video marketing, bahkan juga adwords (walau kecil2an hehe...) dll. Yu kita bahas lebih dalem soal metode2 marketing ini:

SEO Part I. Keywords: Gw gak akan bahas yah soal pengertian dan basic2 SEO, soalnya rata2 pasti dah ngerti. Yang penting langkah utama dari SEO itu ngincar keyword2nya dulu. Kalo bisa langsung incar keyword yang berpotensi menghasilkan uang. Gw kasih contoh:
1. Web lu bergerak di bidang pengobatan rambut
Nah keyword apa yang lu incar? Lu bisa incar keyword semacem "hair loss" atau "hair loss treatments" dan keyword2 longtailnya. Lu bisa masuk ke sini:
https://adwords.google.com/select/Tr...timatorSandbox (buat cek kira2 seberapa banyak seh searcher-nya. Emang masih "sketsa" seh soalnya kita cuma bisa liat dari green bar-nya doank)

Trus kalo lu dah dapet gambaran kira2 keyword mana yang banyak pencari, cek di sini:
www.google.com/trends (di sini lu bisa tau apakah trend dari keyword tsb. naik, turun, atau relatif stagnan. Kadang lu jg bisa bandingin 1 keyword dengan keyword lainnya buat liat gambaran kasarnya lebih byk mana traffic dari keyword A atau B, dsb.)

Kalo mau lebih spesifik, lu juga bisa coba cari keyword target lu di wordtracker.com (bayar, ada trial-nya) atau masuk sini: http://www.keyworddiscovery.com/search.html
Tapi inget keyword suggestion tool itu gak selalu akurat, ini cuma buat perbandingan, suggestion, dan prediksi semata.

Nah kalo lu dah dapet gambaran kira2 keyword mana yang lumayan byk searchernya, lu sekarang cek kompetisi. Masuk google.com dan coba lu liat masing2 top 5nya. Contoh neh, misalnya web lu bergerak di bidang hair loss trus lu mau ngincar keyword "hair loss treatments". Lu liat siapa seh yang ada di top 5. Jangan lupa untuk liat juga di Google Trends (link dah gw kasih di atas) paling banyak pencari untuk keyword yang lu incar itu dari negara mana. Contoh kalo hair loss misalnya dari USA (ini cuma contoh, gw juga blon nge-cek), ya lu cek kompetisinya di Google.com USA. Coba pake US proxy trus baru ketik Google.com di browser lu. Kadang bisa beda loh hasil SERPs-nya (search engine result positions).

Kenapa harus cek top 5-nya? Simple. Gw mau liat kompetisi gw untuk saat ini di keyword yang satu ini. Kalo gw ngerasa gw bisa ngalahin mereka, ya mulailah incar keyword ini. Kalo nggak, kita coba cari lagi keyword yang lain. Kadang ada bbrp web yang gak cuma SEO-nya jago tapi emang contentnya bagus banget sehingga ngasilin byk banget link bait, jadi susah di"depak"nya.

Jangan cuma coba ngincar keyword yang byk pencari, kadang keyword produk tuh bisa ngasilin conversion rate yang sangat tinggi. Contoh neh ya lu join affiliate program produk A atau lu jual produk dengan merk A. Trus lu ngincar keyword "A", lu bisa ada di top 3 aja, kadang conversion rate lu bisa keangkat (maksudnya byk orang yang beli walau visitor lu dari keyword "A" ini sedikit). Jadi kalo gw biasanya ngincar keyword yang emang sesuai banget dengan topik web gw dan banyak pencari. ATAU gw ngincar keyword produk dari barang yang emang gw jual, walau mungkin pencarinya sedikit.

Oh ya jangan lupa, bagian dari nama domain dan web page juga punya pengaruh. Contoh web lu tadi ngincar keyword "hair loss treatments" dan nama domain lu "hair-loss-treatments.com" itu punya pengaruh juga buat SEO. Kalo gak misalnya lu ngincar keyword tadi tapi lu optimisasi-nya web page lu, katakanlah: xxxxx.com/hair-loss-treatments.php. Jangan lupa kalo title web page lu dan meta description juga penting untuk ditulis. Contoh title web lu: Real Hair Loss Treatments, dsb. (ngandung keyword dan kalo bisa menarik buat visitor2 search engine)

SEO Part II. Links: Nyari links itu gampang2 susah. Banyak cara "basi" yang sampe skrg masih ampuh, terutama buat dapet rank tinggi di Google. Kalo mau dapet rank tinggi di keyword kompetitif, jgn harap deh cuma dari submit2 ke direktori atau submit2 artikel ke ezine. Butuh tips dan trik lebih banyak dari itu. Btw, kalo mau submit direktori, biasanya gw dapet listnya dari sini:
http://www.addurl.nu/
Kalo submit artikel, gw biasanya submit artikel selain ke ezinearticles.com, gw juga submit ke easyarticles.com dan kadang jg articlesbase.com.

Nah nyari links itu masih luas banget pengertiannya. Bagian yang rada advanced soal nyari link itu link exchange dan linkbait. OK masuk ke bagian link exchange yah...
rata-rata orang yang ngaku hebat SEO tuh masih aja mempraktekkan reciprocal link exchange di bagian resource/link web pagenya. Contoh domain lu xxxx.com dan lu bikin tempat khusus external link -> xxxx.com/links.html atau xxxx.com/resources.html. Nah lu tuker2 reciprocal atau 3-ways link exchange di sini. Masih adakah value dari tuker2 link jenis ginian? Ya. masih ada karena algoritma Google masih blon sehebat yang banyak orang2 kira. Tapi jujur aja, taktik ginian cuma ngangkat dikit, walau gw juga masih menemui bbrp web dapet rank tinggi dari tuker2 resource link.

Kalo link exchange tuh harus bisa sedikit lebih pinter. Gw suka kok tuker 3 or 4-ways tapi semuanya ter-integrasi ke dalam text. Contoh gampangnya:
Gw punya web A dan B. Lu punya web C. Dari web A ngelink ke web C tapi gak dari home page, melainkan dari inner web page. Katakanlah dari domain C.com/hair-loss-treatments.html lu ada kata2 seperti ini:
Quote:
.....I really want to know more about hair loss treatments
Nah setelah di link exchange, web page C.com/hair-loss-treatments.html ini jadi gini:
Quote:
....I really want to know more about hair loss treatments
Nah sebagai gantinya, gw dari salah satu artikel web page website B ngelink ke web C lu dengan cara yang mirip2 kaya gini. Jadi intinya kita ngelink dari dalam artikel sesuai anchor text yang diminta. Anchor text itu masih penting kok buat SEO. Gw pernah baca kalo ngelink ke web orang dengan anchor text yang ngincar keyword (cth dalam kasus ini: anchor textnya "hair loss treatments") itu bisa dipenalti. Sori boss tapi sampai saat ini semua itu bullshit. Web2 yang di-SEO dan dapet rank tinggi di keyword kompetitif pasti dapet link dengan anchor text yang ngincar keyword juga kok, gak cuma asal URL.

Cara kaya gini ampuh kok, apalagi kalo lu dpt link dari inner web page orang lain yang juga dioptimisasi ama dia. Bisa keangkat kok SERPsnya dan gw yakin algoritma Google gak akan bisa ngedetect ginian selama masih ngeranking website pake policy backlinks, bkn teknik2 lainnya. (ga tau ya kalo 1-2 taun lagi) Bahkan paid links yang katanya mau difilter Google aja sampe skrg masih berseliweran. Banyak orang kehilangan PageRank-nya dan mereka kira mereka dipenalti karena jual link tapi toh link value yang mereka "pass" ke link buyer mereka tetep blon difilter.

Ya tadi kalo soal link exchange yah. Cara link exchange itu bervariasi, bisa aja kalo lu mau pake logika2 yang traditional macem tuker2 link di resource ato home page karena gw yakin kok value2nya masih ada tapi kalo gw pribadi seh yakin lebih ngangkat SERP kalo pake cara ginian. Tuker link (3-ways ato 4-ways ato lebih) dengan link yang ke-integrasi ke dalam artikel tapi dengan anchor text yang ngincar keyword.

Teknik selanjutnya adalah link bait. Pertama kali gw belajar serius soal link bait itu dari blogstorm.co.uk (ga tau sekarang dah kaya apa blog-nya, gw dah ga pernah baca) Intinya link bait tuh cara supaya dimana lu bikin sebuah artikel yang unik, menarik, lengkap, dan (kadang2) kontroversial, supaya ntar banyak webmaster dan blog2 lain yang ngasih link secara natural ke web page lu tsb. atau bahkan home page. Teknik link bait sebetulnya bisa termasuk teknik2 social media optimization juga seh...submit2 content kita ke stumbleupon, digg, dsb. trus ntar orang baca, dia liat artikel kita menarik, trus ngasih link ke web kita, dsb. ya intinya seperti itu. Kalo soal link bait, cara paling bagus buat belajarnya ya pengalaman. Coba2 sendiri karena setiap niche itu potensi link baitnya beda-beda banget bro. Yang pasti buat content menarik, lengkap, bagus inggrisnya, dan kalo bisa beda dari web2 lain.

Banyak cara buat link bait, misalnya lu comment di blog yang satu niche dengan lu trus blog dia terkenal. Nah lu kasih komentar (jgn nge-spam) yang menyatakan (misalnya) tidak setuju dengan pendapat blog tersebut trus lu kasih artikel lu yang menyebutkan kenapa lu gak setuju. harapannya banyak visitor2 blog tersebut yang liat comment lu, trus ngeklik link yang lu kasih (gapapa kalo linknya "nofollow" juga) trus ntar setelah dia baca artikel lu, dia ngasih link ke web lu dari web/blog dia. Kalopun nggak, misalnya dia anggep artikel lu sangat menarik, bkn gak mungkin kan dia jadi loyal visitor lu dan ngebantu marketing website lu secara viral?

Cara lain buat link bait itu pake social media optimization (ntar gw bahas) dan juga bisa pake PPC . Yang pasti teknik link bait neh berguna banget kok. Tapi intinya semua orang juga bisa link bait, yang paling penting content yang menarik, lengkap, dan mungkin kontroversial trus marketing di saat dan di tempat yang tepat.

Cara lain buat dapetin links itu misalnya masukin link di forum atau blog comment. Cari blog yang "dofollow", trus masukin comment lu ke blog tersebut dengan URL lu juga. Jangan nge-spam karena biasanya pasti dihapus ntar komennya sama si empunya blog, kalo bisa komennya nyambung dan bermanfaat juga. Emang rata2 blog tuh pasti "nofollow" jadi ga pengaruh ke SERPs Google tapi lu bisa kok cari2 blog yang dofollow. Masuk aja ke forums.digitalpoints.com trus lu pake fasilitas "search"nya, ketik keyword2 macem "dofollow blogs" atau "dofollow blog list". Suka ada yang ngasih tau soal blog2 yang dofollow. Atau buat cari dofollow blogs yang sesuai niche kamu, bisa pake EZtools atau masuk ke dofollowblogs.com. Kalo gak cari aja di Google: niche kamu "Remember your personal information". Cek satu-satu apa blog2 tersebut dofollow atau nofollow. Misalnya niche kamu ya tadi itu, "hair loss". Ketik di Google:
hair loss treatment Remember your personal information
Kata-kata "remember your personal information" bisa lu ganti dengan kata2 yang sering lu jumpai di comment feature blog2 yang umum.

Masukin link ke forum juga ada value-nya kok. Cari aja forum2 yang satu niche dengan kamu, trus kamu pasang link ke website kamu. Jelas rata2 forum yang terkenal bisa nge-delete link kamu, tergantung dari kualitas post kamu (jgn asal ngespam, coba kasih sesuatu yang bermanfaat di saat lu pasang link lu juga) makanya ga sembarang forum kamu bisa pasang link dan ga semua forum ngasih link secara "dofollow".

Ya intinya gitulah cara cari link, sebetulnya masih byk seh. Contoh kalo kamu mau bisa kok beli link, masuk aja forum digitalpoint.com trus ke bagian jual-beli linknya, tapi kalo kata gw seh lebih mending pake teknik2 di atas daripada beli link. Yang pasti sebisa mungkin cari link dari berbagai sumber. Kalo gw pribadi, gw lebih fokus ke teknik link exchange yang gw "singgung" di atas dan juga link bait.
*Nambahin dikit: Gw adalah salah satu yang percaya akan Google Sandbox. Lu bisa cari definisi Google sandbox via search google sendiri atau wikipedia. Intinya kalo lu ga bisa liat web lu di top 1000 di Google utk keyword yang byk trafficnya walau sudah berusaha keras cari link selama 1-4 bulan, jangan mengeluh dulu. Ntar kalo dah 3-5 bulan (setelah web kita ter-index) biasanya web kita bakal nongol kok.

SEO Part III. Tools
Tools2 yang bgus buat SEO neh, biasanya ini FireFox extension:
1. SEOQuake -> bagus banget buat ngecek link2 kompetitor kita, alexa rank, dsb.
http://www.seoquake.com/
2. SEO For FireFox -> http://tools.seobook.com/firefox/seo-for-firefox.html
3. Smart PageRank -> kadang2 Google nampilin toolbar PageRank-nya lama, jadi kalo gw seh pake Smart PageRank toolbar buat ngecek PR dan Alexa rank.
http://www.smartpagerank.com/
4. Yahoo Site Explorer -> bagus buat ngecek link2 kompetitor kita. Sayangnya cuma bisa buat 1,000 external backlinks doank.
http://siteexplorer.search.yahoo.com
5. User Agent Switcher -> https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/59
Dah jarang gw pake seh tapi ini berguna juga. Coba lu masuk options, trus "add" GoogleBot (application: http://www.google.com/bot.html). Kalo lu ntar mau ngecek web2 yang blackhat, kadang bisa keliatan dengan cara lu switch user agentnya dari normal ke "GoogleBot". Tapi gw sendiri dah jarang pake, gak tau masih berguna apa ngga. Soalnya rada jarang emang web yang teknik2 cari linknya blackhat trus bisa ketawan dengan cara gini. Intinya User Agent Switcher dengan GoogleBot itu ngedetect web dari sudut pandang GoogleBot.
(update: dah gw update post ini di hari Senin, 13 May)

SEO Part IV. Geo Targeting
Buat yang ngerasa dah dapet rank tinggi di suatu keyword, lu bisa masuk ke sini: http://www.geoseo.com

Di situ lu bisa cek targeted keyword lu dan URL lu, trus lu liat posisi web lu di versi2 Google yang berbeda. Contoh kalo kamu dapet rank 2 di Google.com, rank kamu sangat mungkin berbeda untuk Google.co.uk. Emang seh gak 100% akurat (misalnya di situ tertulis kamu rank 3 untuk Google.ca tapi ternyata rank 4 setelah dicek manual) tapi berguna kok. Nah maksudnya ini penting karena kita harus tau target pasaran kita.

Pertama, gak semua keyword itu yang paling banyak nyari orang Amerika. Ada sebagian keyword yang paling banyak nyari tuh justru orang UK atau bahkan India. Coba pertama masuk: http://www.google.com/trends trus cek keyword yang kamu incar. Katakanlah keyword forex, maka justru byk orang Indo dan juga Nigeria yang nyari. Nah kalo dah gini, kan demi traffik yang maksimal lu juga pasti maunya dapet rank 1 tuh di Google untuk negara yang paling byk traffiknya tadi donk. Cuma emang rata-rata untuk keyword yang gw incar seh yang paling byk pencarinya orang US. Jadi lu harus tau dulu orang-orang dari mana seh yang lu incar trus coba cek posisi SERPs kamu di geoseo.com (link dah gw kasih di atas) baru lu cek manual (kalo mau pasti).

Oh ya nambahin sedikit tuh di bagian “Tools”, gw lupa pasang link ke Google Alert.

Soal SEO, yang pasti inti2nya udah gw tulis di atas (kalo basic2 SEO gw gak tulis karena gw anggep semua orang dah ngertI). Lu bisa kembangin sendiri dari pengalaman lu dan belajar dari forum2 atau blog2 terkenal kalo mau. Yang pasti pengalaman sendiri selalu lebih berharga daripada ajaran orang dalam bidang apapun.

Nah selain SEO, apalagi seh metode-metode yang lagi hot saat ini? Menurut gw, metode kedua paling hot adalah social media optimization. Menurut gw pribadi, submit-submit content ke Digg.com, reddit, atau bahkan stumbleupon masih berguna kok, asal tau aja cara-caranya. Banyak orang bilang social media optimization itu low quality traffic karena rata-rata orang yang masuk tuh cuma baca dan udah aja mereka lupa website kita. Jadi intinya mereka ga beli apa-apa, ga ngeklik iklan, dan juga ga jadi loyal visitor. Benarkah? Ya untuk sebagian website tapi tidak untuk sebagian lainnya.

Sama seperti SEO, gw anggep semua dah ngerti yah apa itu web-web macem digg.com atau stumbleupon.com. Nah gw pernah kok bbrp kali punya pengalaman yang sangat bagus dengan stumbleupon.com walau orang bilang traffic dari SU itu low quality banget. Intinya lu jangan pernah nyoba tuker stumble (dulu ada service ginian di digitalpoint). Bikin user di StumbleUpon dan kalo lu punya web yang niche-nya itu rata-rata visitor laki-laki, yah cobalah “manipulasi” sedikit dengan bikin user ID cewe dan fotonya yah carilah foto cewe cakep bule tapi jangan artis dan jangan pake bikini gituan, jadi kesannya real.

Add friends orang-orang yang punya “interest” sama ama kamu, trus kalo bisa ajak ngobrol mereka, kirim message, dsb. (invitenya orang2 yang emang aktif di SU) Join community-community di sana dan kalo bisa juga aktif lu stumble2 web page yang bagus dari web lain. Nah kalo u dah punya sedikit reputasi, lu mulai stumble webpage2 dari website lu. Kalo dah gini, traffik bisa datang dengan sendirinya. Memang seh kualitas traffik masih kalah dibanding dari search engine (misalnya conversion rate buat web yang jual barang/affiliate) tapi tetep guna banget kok. Gw dulu pernah bikin review soal 1 gadget yang baru keluar, trus gw submit ke SU, tiba2 gw dapet sekitar 7000 visitor hanya dari SU besoknya. Emang jumlah ini langsung nurun lagi besoknya tapi tetep aja ada bukti nyatanya lah kalo main di area social bookmarking sites itu guna banget.

Yang pasti digg.com punya kualitas yang lebih ok dibanding stumbleupon. Tapi supaya berita kita bisa ditampilin di top page bagian category masing2 itu relatif jauh lebih sulit dibanding SU karena sistemnya ranking per digg. Gw pernah denger orang sukses memanipulasi digg dengan beli-beli digg gituan tapi gw seh gak pernah. Ati-ati aja kalo u coba nge-spam digg (jadi lu bikin user ID cuma buat nge-digg content2 web lu doank), itu bisa diban loh domain web lu dari digg. Kalo gw maksimal cm pernah dapet sekitar 30an digg tapi lumayan seh visitor berdatangan jg dari sana dan bbrp malah ngasih komen ke web gw (kan ada comment box-nya).

Lu juga bisa berharap pertumbuhan traffik natural dari social media optimization. Kadang kalo ada orang suka ama web lu dan dia tau dari digg, mungkin aja dia jg punya website/blog sendiri trus dia rekomendasikan web kita (atau content artikel kita semata) ke visitor2 webnya dia. Jadi selain berguna buat “viral marketing” SMO juga berguna banget buat nambah natural link.

Cara-cara supaya berhasil di SMO relatif banget seh. Kadang kita harus punya niche yang tepat, contohnya politik, games, computer, teknologi, entertainment, dsb. Setau gw kalo niche2 macem diet atau makanan gak pernah deh bisa dapet top rank di digg, traffic berkualitas dari SU, reddit, dll. (soalnya gw ada web diet jg dan gw pernah nyoba research. Ya semoga aja gw salah ;p)

Kalo SEO gw pernah belajar dari bukunya SEObook.com, trus cari-cari tutorialnya via search engine (Google) dan suka masuk forum-forum kaya digitalpoint.com, sitepoint, dan lainnya. Nah kalo SMO gw pertama kali belajar dari doshdosh.com. Ada sebagian artikelnya yang bagus dan memotivasi kita untuk nyiptain konten yang bagus, menarik, dan gak asal kupas dari web lain trus rewrite. Coba aja belajar dari sana dan juga dari forum2 internet marketing yang besar2, trus coba sendiri. Temuin peluang dan jangan lupa share yah kalo sukses. Karena jujur aja gw merasa SMO ini peluangnya besar banget dan gw seh blon ada apa-apanya.

Cara internet marketing lainnya tuh adwords (terutama buat web yang jual barang) dan advertising lainnya dan juga lewat social networking sites macem Facebook atau yang baru mulai hot: twitter. Ada juga temen gw yang (kata dia seh) berhasil jual banyak banget barang lewat friendster. Kalo u mau tau soal profil FS-nya dia, bisa PM gw. Gw gak bisa yah asal bagi linknya di sini, soalnya dia temen gw juga. Nah kalo metode ginian gw seh blon ada apa-apanya jadi ga bisa bagi tutorial. Cuma kalo menurut gw lu bisa coba bikin satu aplikasi di facebook trus ntar kalo visitor mau beli apa atau mau ngapain lu coba ngiklanin web lu di applikasi yang lu bikin tsb. Gw dah sering liat applikasi yang sekalian promosiin web mereka di FB kok, cm ga tau jg kualitas dan kuantitas traffik yang mereka dapet tsb. Yang pasti web-web ginian berguna bangetlah buat networking tapi kalo monetization mungkin gak bisa langsung direct yah, ntar pada "kabur".

Ya selamat berjuang aja yah…gw juga harus ngaku kalo gw blon ada apa-apanya dibanding master-master internet marketer apalagi kan gw masih individual. (maksudnya bukan kerja ke company internet gituan) Buat yang dah master di sini gw harap mau nge-share juga. Oh ya tutorial di atas itu gw cm kasih dan rangkum aja garis besarnya, gw gak akan ngasih step-step yang udah gw lakuin secara detail (contoh masuk link sini, kapan update, kapan submit, dll.) soalnya panjang banget ntar. Gw welcome tiap PM kalo ada yang mau nanya2. Gw cm mau share aja kok, gak nuntut GRP atau apapun.

Trims sudah membaca bagi yang menganggap tips2 ini cm basic yah silakan. Toh niat gw cm share dan lu bisa baca secara gratis jd jangan beranggapan negatif. Hehe…Yang pasti bikin web yang bagus aja deh, minimal template lumayan dan content yang bagus dan kumplit. Kalo ga punya waktu bikin web, bisa cari jasa web template local maupun internasional. Murah-murah kok. Gw beli 1 template yang bagus aja buat web gw yang baru paling cuma $40an. Kalo eksklusif dibikinin, ya cari aja banyak orang Indo yang jago dan harganya gak mahal-mahal amat. Dan kalo lu jadi affiliate, jgn bikin sales dan landing page yang betul-betul promosiin 1 produk. Coba lu bikin review yang betul-betul honest dan join berbagai affiliate program di niche lu sehingga ntar web lu betul-betul keliatan jadi web2 review yang bagus, bukan web affiliate. Gitu aja. Content is king, always.

Kalo soal marketing biasanya gw belajar ke forum2 kaya digitalpoint, sitepoint, wickedfire, dll. Juga blog-blog kaya Zacjohnson. Gw juga pernah beli bbrp ebook yang terkenal macem SEObook dan juga wealthy affiliate walau menurut gw basic2 kok tapi tetep ga rugilah (menurut gw loh ya). Soal adwords, gw juga hanya berani keluar uang dikit karena masih belajar. Kalo boleh jujur, gw baru 2 bulan terakhir nyoba-nyoba adwords jadi blon brani ngasih tutorial/nasihat soalnya adwords kan dah main keluar duit yah…jadi beresiko.

*Yang pasti enaklah make money from internet karena dunianya luas banget dan apa yang berhasil buat niche A blon tentu berhasil buat niche B, teknik yang gw apply buat web gw mungkin juga gak berhasil buat web lu. Jadi intinya dunianya sangat menarik (buat gw) karena luas tapi semuanya tersambung hanya lewat komputer-komputer. Dah gitu jangan lupa kalo penghasilan kita tuh kan biasanya dalam bentuk USD dan kalo diconvert ke rupiah tuh enak karena biaya hidup di sini kan betul-betul lebih murah dibanding di negara2 maju. Ada 2 hal yang menarik perhatian gw, biasanya internet marketer tuh seringkali gak mau berbagi walau cm sekedar sedikit nasihat/tips tapi mereka suka ngritik orang lain (tapi cm ngritik, mereka gak ngasih solusi) yah sayang seh byk org2 kaya gini walau masuk akal kalo dipikir kenapa.

Dan kedua: Banyak sekali orang2 yang mikirnya cuma duit. Bikin banyak web dan semuanya gak ngasih content apapun yang valuable dan cm mikir, yang penting gw bisa ngasilin duit dari web2 ini, ga peduli apa efeknya pada visitor gw, atau gw dianggep search engine spammer, dsb. Gw seh berharap semua webmaster Indonesia bisa mengesampingkan mentalitas ini walau emang sulit.

Recommended Links:
For Your Knowledge:
http://forums.digitalpoint.com
http://www.sitepoint.com/forums/index.php
http://www.wickedfire.com
http://www.zacjohnson.com
http://www.shoemoney.com
http://www.techcrunch.com
http://www.searchenginejournal.com/
http://www.doshdosh.com

Free Tools:
https://adwords.google.com/select/Tr...timatorSandbox
http://www.google.com/trends
http://siteexplorer.search.yahoo.com
http://www.keyworddiscovery.com/search.html
http://www.google.com/alerts
http://www.geoseo.com

Add-Ons:
- SEOQuake ->
http://www.seoquake.com/
- SEO For FireFox -> http://tools.seobook.com/firefox/seo-for-firefox.html
- Smart PageRank ->
http://www.smartpagerank.com/
- User Agent Switcher -> https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/59
Masuk options, trus "add" GoogleBot (application: http://www.google.com/bot.html).
*Switch ke GoogleBot buat ngeliat web lain versi GoogleBot. Rata-rata sama kecuali ada web yang berusaha manipulasi SERPs alias teknik mereka blackhat.

From funkman kaskus.us

Comments

Popular posts from this blog

Cantik 100% For Photoshop 7.0, CS2, CS3, Program Cantik & Perawatan Kulit buat PhotoShop

Trik mempercepat proses shut down Windows XP